vadakkuvaasal.com

Studi Motor Listrik Yamaha Selesai, Pertanda Segera Meluncur?

Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. 
Lihat Foto

JAKARTA, - Yamaha Motor Corporation (YMC) melakukan riset motor listrik di banyak negara, termasuk Indonesia melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Belum lama ini, diumumkan bahwa riset tersebut sudah selesai.

Riset yang disebut dengan Proof of Concept (PoC) rencana awalnya dilakukan minimal setahun. Namun, sempat diperpanjang, karena Yamaha masih memerlukan pengetesan tersebut.

Baca juga: Dipakai untuk Uji Coba, Yamaha Belum Tentu Pasarkan Motor Listrik E01

Antonius Widiantoro, GM Marketing Communication PT YIMM, mengatakan, PoC yang dilakukan oleh Yamaha sudah selesai. Namun, dia tidak bisa mengatakan kepada publik bagaimana hasilnya, karena itu untuk kebutuhan internal.

Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. Foto: Yamaha Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. 

"Sudah selesai (PoC). Terakhir, saya katakan ke media akan diperpanjang. Tapi, yang terbaru, sudah selesai, karena sudah mencapai target," ujar Antonius, kepada wartawan, saat ditemui di Bali, belum lama ini.

"Saat ini, kita gunakan E01 untuk uji pasar dan mendapatkan masukan dari konsumen, serta uji ketahanan dari produk itu sendiri. Targetnya sudah tercapai dan datanya kita gunakan untuk pengembangan ini," kata Antonius.

Baca juga: Ribuan Orang Sudah Mencoba Motor Listrik Yamaha E01

Antonius mengatakan, hasil riset ini untuk kepentingan internal untuk mendapatkan masukan dari konsumen. Dia pun mengatakan bahwa sejak awal sudah dijelaskan bahwa ini tujuannya untuk uji coba, bukan untuk dijual.

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama./Janlika Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.

"Jadi, apakah nanti yang dijual atau yang dipasarkan seperti apa, dasarnya dari E01 ini. Kita menanyakan banyak hal, termasuk apakah performa E01 sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, durasi pengecasan yang sesuai berapa, jarak tempuh yang diinginkan berapa, lebih pilih charging atau swap," ujarnya.

Selanjutnya, data yang didapat dari hasil pengetesan motor listrik E01 dan survey ke konsumen akan digunakan untuk pengembangan motor listrik Yamaha yang akan dipasarkan nantinya. Tapi, untuk tahun ini belum akan ada yang dipasarkan.

Ilustrasi motor listrik Yamaha E01YIMM dok. Ilustrasi motor listrik Yamaha E01

"Tahun ini belum, dan belum tentu nanti yang meluncur E01," kata Anton.

Saat ini, dari empat pabrikan besar Jepang, baru Honda dan Kawasaki yang sudah menjual motor listriknya di Indonesia. Yamaha sudah melakukan riset, sedangkan Suzuki belum terdengar pergerakannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat