vadakkuvaasal.com

Mengapa Ban Mobil Penumpang Tidak Ada yang Vulkanisir?

Hankook Tire meluncurkan tiga ban baru untuk pasar Indonesia, Jumat (3/11/2023).
Lihat Foto

JAKARTA, - Dalam dunia ban ada istilah ban vulkanisir, yaitu proses melapisi karet pada ban yang sudah botak sehingga punya telapak baru. Ban vulkanisir biasanya dipakai pada kendaraan niaga, seperti bus dan truk.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, vulkanisir tidak dilakukan pada ban mobil penumpang karena beban yang dibawa tak seberat bus dan truk.

Baca juga: Pemerintah Yakin Kendaraan Listrik Bakal Laris Tahun Depan

Teknisi Hino sedang memperbaiki ban truk/ JANLIKA PUTRI Teknisi Hino sedang memperbaiki ban truk

"Untuk di mobil penumpang sebetulnya jarang terjadi vulkanisir sebab kenapa, karena di mobil penumpang itu secara beban yang dibawa oleh dia tidak terlalu signifikan parah," kata Billy kepada , yang ditemui belum lama ini.

"Sehingga biasanya rusaknya itu rusak work out atau benar-benar botak. Sedangkan vulkanisir itu biasanya digunakan kalau casing masih bagus tapi ban sudah habis jadinya di vulkanisir," kata Billy.

Billy mengatakan, ban vulkanisir adalah ban bekas yang dilapisi dengan kompon baru agar terlihat seperti ban baru. Tujuanya supaya tidak perlu membeli ban baru jika alur ban sudah mulai habis.

Baca juga: Mazda Nurut dengan Pemerintah, Siapkan Mobil Listrik

Ban vulkanisir Dicky Aditya Wijaya Ban vulkanisir

Material yang digunakan biasanya adalah potongan material karet yang sudah memiliki telapak atau alur sehingga ban lama akan terlihat seperti baru.

"Tapi rata-rata ban penumpang itu jarang di vulkanisir karena memang pakainya sampai habis dan itu dalam kurun waktu yang lama," kata Billy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat