vadakkuvaasal.com

Cara Usir Bunyi Decit pada Jendela Mobil

Kaca jendela mobil Nissan Juke dilengkapi power window system
Lihat Foto

SLEMAN, - Kaca jendela mobil semakin mudah dioperasikan berkat fitur power window. Pengemudi tidak perlu lagi mengengkol, sekali tekan tombol kaca bisa membuka atau menutup dengan mudah.

Bahkan, pengemudi bisa mengontrol kaca jendela penumpang dari satu tempat sehingga lebih aman dan praktis.

Power window membutuhkan perawatan agar performanya tetap prima. Tanda fitur tersebut butuh dirawat biasanya muncul bunyi saat kaca membuka atau menutup.

Baca juga: Kenali Penyebab yang Bikin Power Window Cepat Rusak


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, seharusnya kaca jendela mobil saat dibuka dan tutup tidak menimbulkan bunyi terlalu keras, hanya suara motor bekerja normalnya.

“Bila terdapat bunyi terlalu keras seperti decit bisa menandakan ada bagian yang kering, baik di bagian mekanikal maupun yang bersentuhan dengan kaca, sehingga membutuhkan pelumasan ulang sebagai wujud perawatan,” ucap Hardi kepada , Minggu (12/5/2024).

Hardi menjelaskan, pelumasan mekanikal power window memerlukan pembongkaran door trim karena perangkatnya ada di balik daun pintu.

Baca juga: Cara Mudah Rawat Power Window biar Panjang Umur

Gir penggerak power window mobil, model terbaru lebih mudah rusak/Daafa Alhaqqy Gir penggerak power window mobil, model terbaru lebih mudah rusak

“Di balik trim terdapat mekanisme power window, ada yang menggunakan rel atau kabel, cara melumasinya pertama bersihkan gemuk yang mengering, setelah itu dilumasi ulang dengan gemuk yang baru,” ucap Hardi.

Hardi menjelaskan, bunyi bisa saja bersumber dari gesekan rel atau kabel yang kering tersebut.

Biasanya, seiring pemakaian gemuk memang bisa mengering dengan sendirinya. Jika hal itu dibiarkan maka, ujungnya bisa menimbulkan kerusakan komponen.

“Selain menimbulkan bunyi, mekanikal yang kurang pelumasan akan membuat kerja motor power window semakin berat karena rel menjadi seret, itu akan memperpendek usia komponen, khususnya motor,” ucap Hardi.

Baca juga: Ketahui Tanda-tanda Power Window Mobil Minta Jajan

Perawatan power window dengan melumasi karet pintu yang bertautan dengan kaca jendela/Erwin Setiawan Perawatan power window dengan melumasi karet pintu yang bertautan dengan kaca jendela

Sementara itu, bunyi decit juga bisa bersumber dari pertautan kaca dengan karet pintu selaku pembatas.

“Pada kondisi tertentu permukaan kaca yang bertautan dengan karet pintu bisa menimbulkan bunyi decit, selain bunyi juga bisa bikin kaca seret saat dinaikkan,” ucap Hardi.

Untuk meringankan gesekan kaca dengan karet pintu Hardi menyarankan bisa melumasinya dengan silicon spray agar karet lebih licin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat