vadakkuvaasal.com

[POPULER OTOMOTIF] Tips Anti Mundur Saat Nyetir Mobil Manual di Tanjakan | Video Pengendara Motor Terjatuh akibat Gir Motor Sudah Aus

Sejumlah kendaraan antre di Jalur Selatan Tanjakan Lingkar Gentong Bawah, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran, arus lalu lintas menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat merayap serta terjadi antrean kendaraan sepanjang 12 kilometer dari Rajapolah hingga Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.
Lihat Foto

JAKARTA, - Salah satu tantangan pengguna mobil transmisi manual adalah ketika harus menyetir di tanjakan dan kondisi jalan macet. Apabila belum terbiasa, pengemudi akan kesulitan dan mobil bisa mundur karena kehilangan kontrol.

Maka dari itu, pengemudi mobil manual harus memiliki keahlian khusus untuk menjaga agar kendaraan tidak mundur, mengingat pengoperasian kopling sambil mengatur keseimbangan dengan rem dan gas membutuhkan koordinasi yang tepat.

Selain itu, beredar di media sosial video yang memperlihatkan pengendara motor wanita terjatuh saat sedang berkendara di salah satu ruas jalan.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, mulanya memperlihatkan pengendara motor wanita yang berkendara secara normal.

Baca juga: Aturan Data STNK Bakal Dihapus jika Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun Segera Berlaku

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 29 Februari 2024: 

1. Tips Anti Mundur Saat Nyetir Mobil Manual di Tanjakan

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menyetir mobil manual di tanjakan memang sulit dan jangan sampai mobil mundur atau mati mesin. Menurut Sony, pengemudi mobil manual membutuhkan cara yang tepat agar mobil tidak mundur di tanjakan saat kondisi macet.

“Pastikan memiliki momen yang cukup agar awalan mobil menanjak bertenaga. Ambil ancang-ancang gas dan pertahankan rpm sesuai derajat kemiringan,” kata Sony kepada beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Anti Mundur Saat Nyetir Mobil Manual di Tanjakan

2. Video Pengendara Motor Terjatuh akibat Gir Motor Sudah Aus

Pengendara motor terjatuh akibat gir motor sudah tajaminstagram.com/dashcam_owners_indonesia Pengendara motor terjatuh akibat gir motor sudah tajam

Tiba-tiba, ban belakang sepeda motor pengendara motor wanita tersebut terlihat seolah mengunci hingga membuatnya kehilangan kendali dan terjatuh. Sontak, pengguna jalan lain yang berada di sekitar pengendara motor tersebut langsung sigap membantu.

Rekaman itu pun mendapat beragam komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang menyebut bahwa insiden itu terjadi lantaran gir motor yang sudah tajam atau kekurangan oli.

 Baca juga: Video Pengendara Motor Terjatuh akibat Gir Motor Sudah Aus

3. Honda WR-V Jadi Model Paling Laris di IIMS 2024

Honda WR-VHonda Prospect Motor (HPM) Honda WR-V

Honda mencatat raihan positif selama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung 10 hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Model-model SUV Honda mendominasi penjualan total IIMS 2024 dengan kontribusi lebih dari 70 persen.

Hal ini tak terlepas dari berbagai program penjualan menarik yang ditawarkan oleh Honda untuk para konsumennya.

 Baca juga: Honda WR-V Jadi Model Paling Laris di IIMS 2024

4. Berpapasan di Tanjakan, Dahulukan Kendaraan yang Naik atau Turun?

Jalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo Bantul/MARKUS YUWONO Jalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo Bantul

Honda mencatat raihan positif selama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung 10 hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Model-model SUV Honda mendominasi penjualan total IIMS 2024 dengan kontribusi lebih dari 70 persen.

Hal ini tak terlepas dari berbagai program penjualan menarik yang ditawarkan oleh Honda untuk para konsumennya.

Baca juga: Berpapasan di Tanjakan, Dahulukan Kendaraan yang Naik atau Turun?

5. Ini 4 Karakter Mobil yang Unggul di Tanjakan

Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan Bromo - Aris Harvenda Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan Bromo

Baca juga: Ini 4 Karakter Mobil yang Unggul di Tanjakan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat