vadakkuvaasal.com

Tren Positif, Gaikindo Yakin Penjualan Mobil 2024 Tetap 1 Juta Unit

Ilustrasi penjualan mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini bahwa penjualan mobil di Indonesia pada 2023 bisa mencapai 1 juta unit.

Pasalnya, dikatakan Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, saat ini kondisi sektor otomotif nasional tengah berada pada tren yang positif setelah sempat tersendat imbas kenaikan suku bunga dunia.

"Sekarang datanya belum terkumpul semua, tapi kita optimis bisa tembus satu juta unit. Sekarang kan kondisinya sedang bergerak positif ya," kata Kukuh kepada , Rabu (3/1/2023).

Baca juga: Apakah Mobil Listrik Boleh Langsung Dicas Setelah Dipakai Berkendara?

Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWA Ilustrasi penjualan mobil.

"Pada penjualan di November 2023 saja itu sudah meningkat 5,1 persen tapi year-on-year (yoy) memang turun karena ada gejolak di September-Oktober 2023 kemarin," ucap Kukuh.

Ia berharap, tren positif terkait juga turut berlangsung hingga sepanjang 2024. Sehingga asosiasi menargetkan total penjualan mobil di pasar domestik tahun ini mencapai 1,1 juta unit.

Adapun segmen kendaraan kelompok Multi Low Purposes (MPV), khususnya LMPV dan Low Cost Green Car (LCGC) masih akan mendominasi penjualan di Tanah Air.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan selama bulan Januari hingga November 2023 mencapai 920.758 unit untuk penjualan pabrik ke diler. Artinya selisih sekitar 80.000 unit saja untuk memasuki level 1 juta unit.

Baca juga: 3 Fitur di Peugeot Mudahkan Pengemudi di Musim Hujan

 Ilustrasi penjualan mobil. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi penjualan mobil.

Sementara untuk penjualan ritel dalam periode sama, tercatat sekitar 908,343 unit. Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingk tahun lalu sebesar 0,1 persen.

“Mudah-mudah masih bisa tembus 1 juta unit ya atau sesuai dengan target kita, jika di Desember ini sampai di 80.000 unit," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat