vadakkuvaasal.com

Alien Rider, Aksesori Keselamatan dengan Radar untuk Motor

Alien Rider dari Retouch Indonesia
Lihat Foto

JAKARTA, - Aksesori motor semakin banyak ragamnya. Bahkan kini sudah ada sistem radar yang bisa dipasang guna mendeteksi blindspot dari arah belakang pengendara.

Alat tersebut adalah Alien Rider dari Retouch Indonesia. Sistemnya terdiri dari beberapa alat, mulai layar dasbor, kamera depan dan belakang, radar, sampai alat pengecek tekanan udara di ban atau TPMS.

Ani Lee, Founder Retouch Indonesia mengatakan, produk yang ditawarkan punya tujuan mengurangi kecelakaan motor di Indonesia. 

Baca juga: Wanita Ini Histeris Mobilnya Senggolan dengan Truk, Diduga Masuk Blindspot

Alien Rider dari Retouch Indonesia/FATHAN Alien Rider dari Retouch Indonesia

"80 persen kecelakaan motor terjadi saat pindah lajur. Kita tidak bisa melihat posisi belakang atau samping, ada blindspot," kata Ani kepada belum lama ini.

Motor memang punya spion, cuma kadang masih kurang luas untuk melihat kondisi di belakang pengendara.

Karena itu, pada Alien Rider disematkan sistem radar yang bisa membantu pengendara mengetahui kondisi di belakangnya dengan peringatan blindspot.

"Kita mulai mengembangkan sistem radar dengan blindspot detection buat motor. Jadi saat pindah jalur, alat ini bisa beri peringatan kalau di belakang atau samping ada motor serta jaraknya dan kecepatannya," kata Ani.

Baca juga: Kata Marquez Usai Asapi Bagnaia di MotoGP Perancis 2024

Alien Rider dari Retouch Indonesia/FATHAN Alien Rider dari Retouch Indonesia

Pada bagian layar, ada indikator warna kuning dan merah yang memperingati seberapa dekat dan cepat kendaraan dari belakang. Peringatan tersebut ditangkap dengan baik oleh radar, jadi minim kesalahan.

"Kalau pakai radar, dia tidak akan diganggu cuaca, mau hujan, panas, kabut, tidak masalah. Radar juga lebih cerdas karena bisa deteksi jarak dan kecepatan," kata Ani.

Alat Alien Rider yang berupa layar bisa dipasang dekat speedometer. Nantinya, peringatan muncul dan juga hasil gambar yang ditangkap kamera depan maupun belakang.

"Kamera bisa buat jadi CCTV (dashcam), merekam jalanan, terutama saat kecelakaan. Kameranya pakai Sony, jadi bagus hasilnya, bisa buat kamera aksi juga, tinggal pencet tombol," kata Ani.

Fitur lainnya adalah layar dasbor bisa terkoneksi secara wireless dengan smartphone, lewat Apple CarPlay atau Android Auto. Jadi bisa untuk navigasi dengan maps atau memutar lagu.

Bagi yang tertarik, bisa membelinya dengan harga Rp 12,9 juta. Memang terbilang mahal, cuma bisa jadi alat tambahan sebagai pengaman saat berkendara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat