vadakkuvaasal.com

Viral, Video Motor Terbakar Usai Digeber-geber

Video motor terbakar usai digeber-geber knalpot
Lihat Foto

JAKARTA, - Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang pemuda menggeber-geber motor skuter matik di salah satu ruas jalan.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Twitter @Pai_C1, pada Rabu (10/4/2024). Dalam tayangan berdurasi 15 detik itu terlihat pemuda bertelanjang dada yang duduk di atas sepeda motor sambil menggeber-geber motornya.

Sambil asyik menggeber motor, tangan kiri pemuda tersebut memegang kaus putih yang diputar-putar di udara.

Baca juga: Masih Berpotensi Hujan, Jangan Abaikan Jarak Aman Berkendara

Tak berselang lama, muncul percikan api di area mesin sepeda motor, beberapa detik kemudian api tampak langsung membesar. Pemuda itu pun tampak panik, bahkan sejumlah orang yang berada di sekitar ikut berlarian mencari cara untuk memadamkan api.

Video ini pun mendapat banyak respons dari warganet. Banyak dari mereka yang menyebut akhir video itu sesuai harapan lantaran aksi yang dilakukan pemuda itu cukup mengganggu.

Namun, tak sedikit juga yang mempertanyakan penyebab motor tersebut bisa langsung terbakar.

“Maaf mau tanya, penyebab motor kaya gitu kenapa ya?,” tulis komentar @Sufragen.

“Bisa konsleting di kelistrikannya atau overheat,” tulis komentar @wojiaoki.

“Karena oksigen, bahan bakar dan panas bertemu maka jadilah demikian,” tulis komentar @VitalongC1234.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, motor yang terbakar kemungkinan besar disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar (bensin).

“Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut kepada , belum lama ini.

Namun, Ribut menambahkan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber. Sebab isi bensin sampai luber pun masih cukup aman, karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

Baca juga: 1,3 Juta Kendaraan Keluar Jabotabek dari H-7 sampai H-1 Lebaran 2024

“Karena kalau cuma luber langsung habis terkena angin. Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” kata Ribut.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Harus sering servis rutin di bengkel, terutama di bengkel resmi, karena disitu akan selalu di periksa termasuk keamanan dari selang-selang tersebut juga kabel businya,” kata dia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat