vadakkuvaasal.com

Bahaya ODGJ Masuk Jalan Tol, Lakukan Ini agar Tidak Celaka

Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga akan melakukan uji coba pemindahan pintu masuk contraflow di Ruas Tol Dalam Kota arah Senayan/Bandara Soekarno Hatta.
Lihat Foto

JAKARTA, - Pada Selasa (16/4/2024) malam, pria yang diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) masuk ke Tol Dalam Kota dan tertabrak mobil sampai meninggal dunia.

Videonya ramai di media sosial dan pihak pengelola serta kepolisian sudah mengurus jenazah yang sempat tergeletak di tengah jalan.

Kejadian seperti ini memang tidak bisa diduga. Kadang pengemudi tidak siap ketika ada obyek yang tiba-tiba masuk ke jalan tol.

Baca juga: Seorang Pria Tertabrak di Tol Dalam Kota, Jasamarga Perketat Pengamanan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by all jakarta (@all.jakarta)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, faktor tidak terduga seperti yang terjadi di Tol Dalam Kota sebenarnya harus juga diantisipasi oleh pengemudi.

"Memang pergerakan ODGJ tidak bisa dibaca dan pengemudi juga tidak tahu dia ODGJ atau tidak. Respon umumnya adalah menghindar, tapi yang namanya jalan tol pasti padat, kecepatan tinggi, hanya sedikit waktu untuk antisipasi," kata Sony kepada , Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Penting Cek Kondisi Pelek Mobil Usai Dipakai Mudik

 

Makanya, ketika mengemudi harus jaga jarak aman untuk menyediakan ruang bereaksi. Adanya jarak dengan kendaraan di depan, pengemudi bisa melihat, mengidentifikasi bahaya, memutuskan cara, dan manuver yang aman.

"Apakah pasti aman? Belum tentu, tapi (jaga jarak) bisa terukur dan bisa dipertanggungjawabkan," ucap Sony.

Soal orang yang masuk jalan tol, sebenarnya menjadi kewajiban pengelola untuk mencegahnya. Tapi, kondisi seperti yang terjadi di Tol Dalam Kota kadang tidak bisa diduga, makanya pengemudi harus berhati-hati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat