vadakkuvaasal.com

Cara Nyalakan Motor Keyless Tanpa Smart Key, Pakai Kode Rahasia

Contoh plat pada kunci keyless
Lihat Foto

JAKARTA, - Beberapa pengguna sepeda motor yang sudah dibekali fitur keyless mungkin pernah menjumpai situasi apes, di mana kunci smart key hilang dan akibatnya mesin tidak bisa dinyalakan. Beruntungnya, masih ada solusi mudah untuk situasi semacam ini.

Pengguna bisa mengaktifkan motor dengan menggunakan kode rahasia khusus, dengan bentuk barcode pelat kecil berwarna putih yang disertakan saat membeli motor baru.

Kode ini akan menggantikan fungsi sensor pada smart key, sehingga peranti engine control module (ECM) bisa merespon dan mengaktifkan mesin. Perannya serupa dengan password untuk membuat motor bisa menyala dalam kondisi darurat.

Hariyanto, Kepala Bengkel AHASS Ardian BSD Tangerang, membagikan cara mudah mengaktifkan motor dengan menggunakan metode ini. Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna adalah menyiapkan pelat barcode.

Baca juga: Ini Penyebab Terbanyak Kecelakaan selama Mudik Lebaran

Smart Key Honda dengan kode ECM/FATHAN RADITYASANI Smart Key Honda dengan kode ECM

“Di bawah barcode ada sembilan kode angka. Cara tekannya itu berurutan, mirip seperti buka brankas. Nanti ditekan sekian kali, sesuai urutan dari masing-masing angka,” ucapnya kepada di Tangerang, Minggu (21/4/2024).

Untuk mengaktifkan, pengguna cukup menahan kenop keyless atau tombol start up motor selama sekitar sepuluh detik, sampai indikator kunci berwarna oranye atau biru muncul di display indikator. Kemudian lanjut tekan sekali lagi sampai muncul bunyi, tanda sensor merespon.

Setelah indikator menyala dan sensor siap, masukkan kode angka sesuai dengan urutan yang ada di barcode secara perlahan. Akan ada jeda selama dua detik yang dikeluarkan sensor setiap kali kode masuk.

Baca juga: Mini Market Wajib Edukasi Pengunjung Soal Tukang Parkir Liar

Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smarr Key SystemDok. AHM Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smarr Key System

“Misalnya kodenya itu 123 456 780, berarti tekan satu kali lalu tunggu sampai sensor bunyi, kemudian tekan dua kali dan tunggu bunyi lagi, begitu seterusnya. Kalau ada angka nol dilewati saja dan tidak perlu ditekan,” ucap Hari.

Jika urutan tersebut dilakukan dengan benar, kenop keyless seharusnya bisa diputar dan mesin langsung menyala kembali.

Setelah motor menyala, Hari menganjurkan pengguna untuk segera mendatangi bengkel resmi terdekat sambil membawa kode barcode, supaya bisa membuat duplikat kunci smartkey baru.

“Cara ini cuma untuk darurat saja, jadi kalau motor sudah nyala dan smart key belum ketemu, sebaiknya langsung bikin baru supaya enggak repot,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat