vadakkuvaasal.com

Waspada Bau Bensin dari Motor yang Lama Ditinggal Mudik

Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASS
Lihat Foto

JAKARTA, - Selepas masa mudik Lebaran, masyarakat yang meninggalkan sepeda motor di rumah, sebaiknya memperhatikan beberapa anjuran keselamatan penting, khususnya bila tercium bau bensin.

Munculnya aroma bensin bisa dianggap sebagai indikasi adanya kebocoran, akibat kerusakan beberapa komponen atau cara menyimpan yang kurang tepat ketika motor ditinggal mudik.

Hariyanto, Kepala Bengkel AHASS Ardian BSD Tangerang menjelaskan, kebocoran biasanya terjadi akibat selang bensin rusak dan putus, atau bisa juga akibat lubang halus di area tangki.

“Bisa bocornya karena selang bensin digigit tikus, atau memang sudah ada lubang kecil di tangki BBM yang sebelumnya enggak ketahuan,” ucap dia kepada di Tangerang, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Vespa Luncurkan 300 GTV Edisi Khusus, Cuma 140 Unit

Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASSWMS Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASS

Dia menambahkan, bensin yang bocor terkadang tidak meninggalkan bekas karena sudah menguap, namun aromanya bisa sangat pekat dan menyebar.

Pada situasi semacam ini, pemilik dianjurkan untuk membawa motor ke luar rumah. Pemeriksaan modah yang bisa dilakukan adalah menyalakan mesin dan amati level bensin.

Kalau motor tidak bisa dinyalakan atau bensin habis tidak wajar, patut dicurigai sudah terjadi kebocoran dan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

“Sebaiknya (motor) langsung dibawa ke bengkel resmi, nanti laporkan saja ke mekanik soal kebocoran dan minta diperiksa full. Kalau sudah ada contoh kasusnya, seharusnya nanti bisa langsung ketahuan sumbernya,” ucap Hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat