vadakkuvaasal.com

Banyak Masalah Teknis Jika F1 dan MotoGP Digelar Bersamaan

Lewis Hamilton dan Valentino Rossi bertukar kendaraan
Lihat Foto

JAKARTA, - Wacana soal digelarnya Formula 1 (F1) dan MotoGP secara bersamaan terus digaungkan. Bahkan, tak hanya sekadar wacana, tapi peluangnya juga turut dibahas.

Semua bermula dari MotoGP yang akhirnya resmi diakuisisi oleh Liberty Media, yang juga memegang hak komersial dari F1.

Dengan demikian, banyak penggemar F1 dan MotoGP yang berandai-andai digelar kedua ajang balap tersebut secara bersamaan.

Baca juga: Lewis Hamilton Dukung Gelaran MotoGP dan F1 secara Bersamaan

Ketua Umum Circuit of The Americas (COTA) Bobby Epstein mengatakan, wacana tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Tapi, ada beberapa hal yang menjadi tantangan.

Lewis Hamilton dan Valentino Rossi bertukar kendaraanDok. Monster Energy Lewis Hamilton dan Valentino Rossi bertukar kendaraan

"Saya rasa ada beberapa hal yang lebih rumit dari yang terlihat," kata Epstein, dikutip dari Motorsport.com, Jumat (19/4/2024).

"Hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran saya adalah masalah fisik. Tetapi dari sudut pandang aktivasi sponsor, mereka berdua membawa sponsor yang berbeda, aktivasi dan pabrikan yang berbeda, sehingga kami akan kewalahan," ujar Epstein.

Baca juga: Peluang MotoGP dan F1 Digelar Bersamaan

Epstein menambahkan, pihak sirkuit juga harus melakukan banyak pergantian papan nama lintasan. Belum lagi, ruang untuk wartawan juga akan menjadi lebih sesak.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. @bestia23 Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Masih banyak hal-hal yang bersifat teknis yang akan sulit dijalankan jika menggabungkan F1 dan MotoGP dalam satu akhir pekan yang sama di sirkuit yang sama.

Untuk diketahui, MotoGP saja punya tiga kelas. Tentunya, waktu penyelenggaraan akan sangat padat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat