vadakkuvaasal.com

Kunci Keyless Honda PCX Hilang, Bagaimana Langkah Penanganannya?

Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smart Key System
Lihat Foto

JAKARTA, - Motor-motor lansiran terbaru seperti Honda PCX sudah dibekali dengan fitur keyless alias smart key. Sesuai namanya, teknologi ini memungkinkan motor dioperasikan tanpa menggunakan kunci konvensional berbentuk colokan.

Fitur keyless sepenuhnya mengandalkan sensor dan komponen elektronik, untuk menjalankan fungsi menghidupkan, mematikan, bahkan mengamankan motor saat sedang diparkir.

Akan tetapi, fitur canggih ini memiliki satu kekurangan yang cukup merepotkan. Kalau smart key hilang, motor praktis tidak bisa digunakan dan harus dilakukan langkah penanganan khusus

Hariyanto, Kepala Bengkel AHASS Ardian BSD Tangerang menjelaskan, hanya ada dua metode untuk mengatasi kendala ini, yakni dengan cara menggunakan kode rahasia atau bongkar dan duplikat kunci secara manual.

Baca juga: Penyebab Lampu Indikator Transmisi Matik pada Mobil Menyala

Smart Key Honda dengan kode ECM/FATHAN RADITYASANI Smart Key Honda dengan kode ECM

Langkah pertama terbilang mudah, pengguna cukup memanfaatkan kode rahasia berbentuk barcode yang sudah disertakan dalam paket smart key saat membeli motor baru.

“Paket smart key motor keyless itu ada tiga, dapat modul smartkey, barcode, dan kunci manual untuk buka bagasi, ada serepnya juga. Usahakan tiga ini enggak digabung (dibawa berbarengan), supaya kalau salah satu hilang, masih ada opsi lainnya,” ucap Hari kepada , Minggu (21/4/2024).

Untuk menggukan langkah pertama, pengguna cukup memasukkan kode barcode di kenop keyless secara berurutan, sembari memperhatikan pola kedip. Kalau dilakukan dengan benar, motor bisa kembali menyala.

Hari menjelaskan proses ini hanyalah untuk situasi darurat saja. Jika motor sudah menyala, sebaiknya segera ke bengkel resmi untuk membuat duplikat smart key baru.

Baca juga: Dimintai Uang Oleh Tukang Parkir Liar, Kasih atau Lawan?

Honda Smart Key SystemDok. AHM Honda Smart Key System

Langkah selanjutnya cukup rumit, jika dijumpai kondisi pengguna kehilangan smart key serta kode barcode, satu-satunya solusi penanganan adalah membongkar komponen ECM alias engine control module dan melakukan duplikat manual.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, proses duplikat ini cukup merepotkan karena membutuhkan alat khusus dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang bengkel.

“Harga alat buat duplikat smart key itu bisa sekitar Rp 15 juta. Jadi kalau kondisinya smart key hilang, semua sensor harus di-reset ulang dan didaftarkan kode baru. Yang diurus itu ECM sama ECU (engine control unit),” kata Anto saat dihubungi , Minggu (21/4/2024).

Baca juga: Mengenal Motor Pertama Yamaha di Dunia

Modul ECM pada skutik, berisi sensor untuk membaca sinyal dari kunci smart key/Daafa Alhaqqy Modul ECM pada skutik, berisi sensor untuk membaca sinyal dari kunci smart key

Anto mengatakan, karena prosesnya cukup rumit, pengguna tidak bisa mengandalkan layanan panggil mekanik ke rumah seperti saat menjumpai kendala-kendala lain, semisal aki tekor atau oli bocor.

“Harus dicolok langsung ke mesin dan prosesnya sudah software, bukan lagi teknis. Jadi mau enggak mau harus coba datangi bengkel yang memang bisa menangani,” ucap Anto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat