vadakkuvaasal.com

Menhub Pastikan Soft Opening Proving Ground Bekasi pada September 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan pusat pengujian dan sertifikasi kendaraan bermotor atau proving ground yang terletak di Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2). Proyek ini ditargetkan soft launching pada September 2024.
Lihat Foto

JAKARTA, - Dalam kunjungan ke Jepang, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memastikan komitmen kerja sama di berbagai bidang transportasi. Salah satunya proyek proving ground.

Proyek proving ground Bekasi melibatkan Toyota Tsusho Corporation. Dalam sambutannya, Budi menyampaikan kunjungannya menindaklanjuti pertemuan sebelumnya dengan Wakil Menteri Ministry of Land, Infrastructure, Transport dan Tourism (MLIT) Jepang pada Januari lalu.

"Kami menindaklanjuti bersama hasil pertemuan Wakil Menteri tersebut sehingga bisa membawa manfaat, baik bagi Indonesia maupun Jepang," ucap Budi dalam keterangan resminya, Rabu (24/4/2024).

Baca juga: Polytron Sudah Bisa Olah Sel Baterai Motor Listrik Rusak

Terkait proyek proving ground Bekasi, Budi memastikan, pada September 2024 akan dilakukan soft opening untuk pelaksanaan testing pada beberapa fasilitas yang ada.

Tim  mencoba keandalan Ecopia EP300 Enliten di Bridgestone Proving Ground. DOK.Bridgestone. Tim mencoba keandalan Ecopia EP300 Enliten di Bridgestone Proving Ground.

Seperti diketahui, proving ground yang terletak di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, akan menjadi sarana pengujian kendaraan bermotor di luar ruang.

Fasilitasnya pengujiannya diklaim sesuai dengan standar internasional yang mengadopsi United Nations Agreement Concerning The Adoption of Uniform Conditions of Approval and Reciprocal Recognition of Approval For Motor Vehicle Equipment and Parts (UN Agreement).

Adanya pembangunan proving ground BPLJSKB Bekasi, pelaksanaan uji tipe yang selama ini dilaksanakan di luar negeri bisa dilaksanakan di Indonesia.

Baca juga: Belajar dari Kasus Travel yang Bawa Paket Berisi Ular Piton

Dengan demikian, potensi ekspor kendaraan dari industri otomotif Indonesia akan semakin meningkat.

Selain itu, Budi juga mendorong Toyota Tsusho Corporation membuka peluang baru dan mengundang lebih banyak produsen mobil, termasuk produsen mobil non-Jepang untuk melakukan ekspor melalui Pelabuhan Patimban.


Proyek Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di wilayah Bekasi, Jawa Barat(dok.Kemenhub)
KEMENHUB Proyek Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di wilayah Bekasi, Jawa Barat(dok.Kemenhub)

"Kami pun turut mengundang investor Jepang untuk terlibat dalam pengembangan dan pengelolaan pada back up area di Pelabuhan Patimban," ucap Budi.

Nantinya, akan ada sekitar 16 fasilitas pengujian sesuai dengan standar internasional United Nation Regulation (UNR) yang rencananya akan diterapkan di negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Mutual Recognition Agreement.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Busi Mobil Hybrid Beda dengan Busi Biasa?

 

Tak hanya itu, proving ground Bekasi juga digunakan sebagai tempat penelitian pengembangan industri otomotif.

Tim  mencoba keandalan Ecopia EP300 Enliten di Bridgestone Proving Ground. 
DOK.Bridgestone. Tim mencoba keandalan Ecopia EP300 Enliten di Bridgestone Proving Ground.

Adapun sertifikat yang diterbitkan dalam pengujian ini ada dua jenis yaitu: Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji tipe (SRUT).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat