vadakkuvaasal.com

Peugeot Angkat Kaki Begini Kata Komunitas

Peugeot 5008
Lihat Foto

JAKARTA, - Peugeot resmi menghentikan aktivitas penjualan di Indonesia pada Kamis (2/4/2024). Keputusan yang mengejutkan mengingat sepak terjang Peugeot yang sudah setengah abad di Indonesia.

Peugeot pertama kali hadir pada 1972 yang kala itu berada di bawah Multi France Motor. Merek ini kemudian berkembang dan beberapa modelnya punya kiprah manis mulai dari Peugeot 505, 306, 406 hingga 206.

Baca juga: BYD Pastikan Kesiapan 10.000 unit Mobil Listrik untuk PLN

Hadi Taruna, dari komunitas Peugeot 306 Community, mengatakan, sedih mengetahui Peugeot hengkang dari Indonesia namun keputusan itu bisa dilihat sebagai keputusan yang sudah diprediksi.

Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.
Foto: Peugeot Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.

"Sebetulnya kami sebagai orang komunitas dari dulu kasarnya tinggal menghitung waktu," ujar Hadi kepada , Kamis (2/5/2024).

"Karena sebetulnya dari dulu Peugeot sendiri kalau kita bilang dari segi penjualan tidak performa, kalau bicaranya sekelas APM menjual mobil itu tidak seperti merek (Eropa) lain," ujar Hadi.

Pemilik bengkel spesialis, EngineBlock Autoworks di Bintaro, Tangerang Selatan ini mengatakan, isu di komunitas selama ini Peugeot bertahan karena ada petinggi Astra yang memang cinta dengan merek Peugeot.

Baca juga: Bluebird Pasang Target Kurangi Emisi hingga 50 Persen di 2030

"Dulu itu isunya karena ada passion petinggi Astra dengan Peugeot makanya Peugeot tetap bisa bertahan. Jadi kalau bicara seperti ini (Peugeot akhirnya pergi) ya ada perasaan sedih tapi juga oh ya sudah begini akhirnya," ujar Hadi.

Seperti yang Hadi bilang, sinyal Peugeot yang hendak angkat kaki dari pasar dalam negeri sebenarnya bisa terbaca samar-samar beberapa waktu belakangan. Salah satunya bisa dilihat dari distribusi yang menukik pada 2023.

SUV Peugeot 3008Peugeot SUV Peugeot 3008

Baca juga: Ada Nobar Indonesia vs Irak di Monas, Layanan Transjakarta Diperpanjang

Tahun lalu Astra Peugeot hanya mengirimkan 199 unit. Padahal pada 2022 perusahaan tengah mengalami peningkatan distribusi yaitu sebanyak 451 unit atau nyaris dua kali lipat dibanding 2021 dengan 265 unit.

Sebelumnya, pada 2019 penjualan Peugeot mencapai 129 unit, dan pada 2020 langsung terjual 212 unit. Perlambatan itu terus terjadi hingga kuartal I/2024, di mana hanya ada 28 unit Peugeot yang berhasil terjual, turun 67,6 persen secara tahunan alias Januari-Maret 2023.

Angka tersebut menempatkan Peugeot konsisten pada urutan 28 dari total merek mobil yang tergabung dalam asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat