vadakkuvaasal.com

Plus Minus Cat Motor Doff dan Glossy, Pilih yang Mana?

Detailing bodi motor doff
Lihat Foto

JAKARTA, - Variasi cat sepeda motor baru saat ini semakin banyak. Bahkan dari pabrikan, tidak sedikit yang menyediakan cat doff atau tekstur kasar dan glossy atau yang mengkilap.

Kedua model finishing cat tersebut memang jadi pilihan yang menarik buat konsumen. Cuma ada plus dan minus baik cat doff maupun glossy yang bisa dipertimbangkan konsumen sebelum membeli motor.

Noviandy Hermanto, pemilik SCT Moto Detailing Cikeas X4 mengatakan, motor dengan cat doff memang ada tantangan sendiri buat perawatannya.

Baca juga: Paket Ceramic Coating Mobil Hybrid dan Listrik, Bisa untuk Cat Doff

Honda PCX di IIMS 2024/ JANLIKA PUTRI Honda PCX di IIMS 2024

"Ketika kotor atau berjamur maka dia akan kelihatan seperti panu atau bercak keputihan," kata pria yang akrab disapa Andy kepada , Rabu (8/5/2024).

Walau lebih repot dalam perawatan, cat doff punya kelebihan, seperti kalau ada baret, jadi tidak kelihatan jelas. Beda kasusnya kalau di bodi yang glossy, baret atau swirl maka lebih terlihat.

"Tapi kalau dipoles, glossy bisa glowing (bersinar) maksimal. Aplikasi nano coating juga terlihat jelas efeknya, beda dengan doff yang hanya sedikit wet look," kata Andy.

Baca juga: Cara Produsen Cat Lokal Ini Dukung Kemajuan Komunitas Otomotif

Kemudian misal kalau mau memperbaiki baret dengan cara diamplas, gloss lebih mudah dilakukan. Sedangkan bodi yang doff tidak bisa diamplas, malah hilang efek kasarnya.

"Doff juga kalau kotor tidak terlalu kelihatan, mudah dibersihkan. Cuma kalau baret (dalam), perbaikinya harus repaint, tidak bisa poles," kata Andy.

SCT Moto Detailing Cikeas X4 menawarkan beberapa paket buat perawatan bodi sepeda motor, seperti cuci premium, poles dan coating, dengan harga mulai Rp 35.000 buat cuci, sampai Rp 1 jutaan buat nano ceramic coating motor. Workshop berlokasi di Jalan Raya Letda Natsir No 35, Cikeas, Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat