vadakkuvaasal.com

Apakah Filter Oli Transmisi Mobil Matik Harus Diganti Rutin?

Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf B
Lihat Foto

KLATEN, - Transmisi membutuhkan perawatan rutin dengan mengganti oli. Pasalnya, oli transmisi pada mobil matik bukan sekadar sebagai pelumas tapi juga pentransfer tenaga.

Seperti halnya pada mesin, di transmisi juga terdapat filter oli berupa saringan halus dari logam sehingga dapat memisahkan partikel besar dari oli.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Bengkel Worner Matic Bintaro mengatakan ada kesalahpahaman di kalangan masyarakat yang menganggap filter oli matik wajib diganti secara rutin.

Baca juga: Segini Kapasitas Oli Transmisi pada Mobil Matik

Filter oli matik berfungsi menyaring kotoran oli pada transmisiTangkapan layar Filter oli matik berfungsi menyaring kotoran oli pada transmisi

“Itu tidak benar, karena filter oli tidak akan mengalami kotor berlebih selama tidak terjadi kerusakan pada sistem transmisi, ibaratnya tidak ada asap bila tidak ada api,” ucap Hermas kepada , belum lama ini.

Hermas mengatakan sekalipun filter oli transmisi tidak diganti secara rutin selama kualitas oli dijaga dengan menggantinya secara teratur maka kondisinya tidak akan kotor.

Selain sebagai penyaring kotoran, Hermas mengatakan fungsi lain filter oli matik itu sebagai indikator apakah telah terjadi kerusakan pada sistem transmisi atau tidak.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Berhenti di Tanjakan

Body control valve merupakan tempat manajemen aliran oli transmisi matikTangkapan layar Body control valve merupakan tempat manajemen aliran oli transmisi matik

Hermas mengatakan kotoran yang tersangkut atau tersaring dalam filter oli matik merupakan hasil dari gesekan berlebih dari beberapa komponen transmisi.

“Artinya jika terjadi gesekan berlebih entah itu dari kampas dengan plat, antar gear dan bearing baru akan muncul kotoran berlebih yang tersaring oleh filter, ini menandakan ketika filter oli matik diganti belum tentu akan menyelesaikan masalah,” ucap Hermas.

Menurut Hermas sumber masalah pada transmisi masih perlu dicari untuk segera dibenahi agar tidak menghasilkan debris berlebih yang dapat mengotori filter.

Baca juga: Awas, Salah Isi Oli Transmisi Mobil Matik Bisa Berakibat Fatal


Sehingga, filter oli matik ini tak lebih hanya sebagai penyaring kotoran besar saja ketika transmisi sudah mengalami kerusakan. Dengan kata lain, penggantian filter secara teratur tidak akan mengubah apapun.

Jadi, menurut Hermas mengganti filter oli matik secara teratur bukan keharusan karena tidak akan menyelesaikan masalah dan mengganti filter oli yang bersih tidak ada gunanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat