vadakkuvaasal.com

Lampu Kabin Mobil Dilarang Menyala Saat Malam Hari, Ini Alasannya

Ilustrasi berkendara di jalan lurus
Lihat Foto

JAKARTA, - Menyalakan lampu kabin saat mengemudi mobil di malam hari merupakan salah satu tindakan yang dilarang. Alasannya, karena dapat mengganggu aktivitas mobilisasi, sehingga pada kondisi tertentu bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Lampu itu dianjurkan hanya boleh hidup dalam kondisi mendesak dengan durasi yang singkat. Atau, ketika mobil sedang parkir atau diam.

Certified Safety Ride Driving Instructor Gerry Nasution menjelaskan, alasannya karena mata manusia perlu menyesuaikan diri ketika terdapat perbedaan intensitas cahaya yang masuk secara tiba-tiba.

Baca juga: Kasus Kecelakaan Bus Karena Rem Blong Makin Marak Terjadi

Kabin mobil listrik Esemka Bima EV  dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil Esemka Bima EV mulai dipasarkann dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Bima EV dipasarkan sebesar Rp 540 juta untuk model penumpang atau minibus. Sedangkan untuk yang Cargo dijual Rp 530 juta./KRISTIANTO PURNOMO Kabin mobil listrik Esemka Bima EV dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil Esemka Bima EV mulai dipasarkann dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Bima EV dipasarkan sebesar Rp 540 juta untuk model penumpang atau minibus. Sedangkan untuk yang Cargo dijual Rp 530 juta.

"Pada saat malam hari pupil mata kita akan membesar dibandingkan dengan saat siang hari. Pada siang hari, banyak cahaya yang masuk makanya bukaan pupil mata mengecil," kata dia saat ditemui belum lama ini.

"Maksudnya agar tidak silau atau cahaya yang diterima mata tidak banyak, begitu pun dengan sebaliknya pada malam hari," ucap Gerry.

"Nah, pada kondisi lampu kabin menyala saat malam hari, itu pupil mata kita tetap dalam keadaan mengecil. Padahal kondisi lingkungan di luar mobil sedang gelap," kata dia.

Ia mengibaratkan kondisi mata saat sedang menonton TV di rumah saat malam hari, yang mana semua lampu mati. Sumber cahaya hanya dari TV dan mata fokus ke sana.

Ketika kita menoleh ke arah lain (tidak ke TV), maka pandangan tiba-tiba blank out. Beberapa saat kemudian, barulah pandangan normal lagi atau bisa melihat jelas.

Baca juga: Penyebab Lampu Indikator Pintu Mobil Menyala Terus

Ilustrasi berkendara di malam hari/ApridaMegaNanda Ilustrasi berkendara di malam hari

"Artinya, mata butuh waktu untuk adaptasi terhadap perubahan intensitas cahaya yang begitu cepat pada waktu atau tempat yang sama. Kalau konteksnya sedang berkendara, ini jelas berbahaya," ucap Gerry.

"Sebab, kendaraan atau mobil yang melaju pada kecepatan tertentu sudah pasti pengendara dituntut fokus mengemudi. Adanya distraksi sekecil apa pun akan sangat mengalihkan perhatian pengemudi dari kondisi sekitar yang seharusnya selalu menjadi pantauan," tambah dia.

Tidak hanya bagi pengendara di mobil terkait, menghidupkan lampu kabin mobil juga dapat berdampak terhadap pengemudi lain di sekitar. Pandangan pengemudi bisa tiba-tiba blank karena ada bias cahaya terang tiba-tiba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat