vadakkuvaasal.com

Jangan Dilupakan, Ban Cadang Juga Butuh Perawatan

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.
Lihat Foto

SOLO, - Ban serep atau ban cadangan biasanya kurang diperhatikan oleh pemiliknya, padahal ini merupakan komponen penting dan bisa menjadi penentu keamanan dan kenyaman berkendara.

Apalagi, ban cadang sifatnya situasional sehingga kondisinya harus benar-benar baik supaya siap jika tiba-tiba akan digunakan.

Untuk itu perawatan ban cadangan secara rutin juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dan dilakukan, guna menjamin kenyamanan berkendara.

Baca juga: Cara Cek Izin Kelaikan Bus via Aplikasi

Ilustrasi ban cadangan.VW MOTORTREND Ilustrasi ban cadangan.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, perawatan ban sering cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

“Yang paling penting tekanan rem-nya, pastikan tekanan seiring waktu karena pada dasarnya karet ban tidak pejal, tapi ada pori-pori. Ini yang membuat tekanan ban akan turun seiring waktu,” kata Zulpata kepada , Senin (13/4/2024).

Zulpata menjelaskan, untuk ban serep tekanan udara yang disarankan sekitar 44 psi atau 3.0 kg per cm2.

Baca juga: Bus Bekas AKAP dan AKDP yang Dipakai Lagi Sering Kecelakaan


“Tekanan ban serep untuk mobil penumpang disarankan sesuai tekanan inisial yaitu 3.0 kg/cm2 atau 44 psi,” katanya.

Kemudian, Zulpata juga mengatakan, kondisi kerusakan yang ada juga perlu diperhatikan, jangan sampai ada luka atau sobek.

“Selain itu kebersihannya harus dijaga, karena ada beberapa ban cadangan yang disimpan di bawah bodi mobil, yang tentu gampang kena kotoran,” kata Zulpata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat