vadakkuvaasal.com

Tampang Mirip Wrangler, Ini Segmen BAIC BJ-40 Plus

BAIC BJ-40 PLUS
Lihat Foto

JAKARTA, - Merek asal China, BAIC resmi memasuki pasar Indonesia dengan merilis dua model SUV. Salah satunya ialah BAIC BJ-40 Plus yaitu mobil 4x4 berperawakan tangguh.

Bukan tanpa sebab BAIC BJ-40 Plus dijadikan sentaja awal penetrasi di Indonesia. BAIC ingin memasuki segmen off road alias SUV bergaya boxy yang selama ini tidak banyak pemainnya.

Baca juga: Inden GMW Tank 500 HEV Tembus Tiga Bulan

Chief Operating Officer PT JIO Distribusi Indonesia (JDI), Sole Distributor Company BAIC di Tanaha Air, Dhani Yahya, mengatakan, BAIC BJ-40 Plus akan meramaikan pasar SUV bergaya boxy.

Khusus untuk pasar Indonesia, BAIC akan memulai pemasarannya melalui dua model mobil ICE (Internal Combustion Engine), yaitu BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X55-II. BAIC BJ-40 PLUS merupakan kendaraan jenis SUV penggerak empat roda alias SUV 4X4, dengan model dan desain gagah yang identik dengan Jeep Wrangler.Dok. JDI Khusus untuk pasar Indonesia, BAIC akan memulai pemasarannya melalui dua model mobil ICE (Internal Combustion Engine), yaitu BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X55-II. BAIC BJ-40 PLUS merupakan kendaraan jenis SUV penggerak empat roda alias SUV 4X4, dengan model dan desain gagah yang identik dengan Jeep Wrangler.

"Kami melihat segmentasi BJ-40 Plus itu unik, bahwa segmen boxy, off road style mereka bukan dikaterogikan SUV tapi off road itu sangat sedikit di market," kata Dhani di Tangerang, Banten, Selasa (14/5/2024).

"Kalau saya boleh menyebut segmentasinya di mainstream itu ada Suzuki Jimny kita lihat dari zaman dulu sampai sekarang boxy style, setelah itu ada (Jeep) Wrangler kemudian ada (Land Rover) Defender dan (Mercedes-Benz) G-Class," katanya.

Baca juga: Ekspor Mobil Buatan Indonesia April 2024 Turun Drastis

Secara harga BJ-40 Plus berada di atas Jimny 5-pintu tapi di bawah merek lain yaitu Jeep, Land Rover dan Mercy G-Class. Keunggulannya, dengan harga yang bersaing dimensinya tetap besar setara Wrangler.

Untuk diketahui, BAIC BJ40 Plus memakai sasis tangga (ladder frame). Dimensinya memiliki panjang 4.630 mm, lebar 1.843 mm, tinggi 1.861 mm, dan wheelbase 2.730 mm. Sedikit lebih kecil dari Wrangler Rubicon 4 pintu dengan panjang 4.785 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.869 mm.

Suzuki Jimny 5 Pintu Diajak Off Roaddok.Suzuki Suzuki Jimny 5 Pintu Diajak Off Road

"Kita mengisi di antara di atasnya mainstream Jepang, Jimny kita masuk dengan BJ-40 Plus ini," kata Dhani.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Fortuner di Bromo, Pentingnya Kompetensi Sopir

Untuk perbandingan, harga Jimny 5-pintu saat ini tertinggi Rp 478 juta. Adapun BAIC BJ40 Plus tentatif yaitu berkisar antara Rp 799 juta - Rp 860 juta on the road (OTR) Jakarta.

Harga BAIC BJ40 Plus bisa jadi hanya setengah dari Jeep Wrangler di Indonesia, di mana varian paling terjangkau yaitu Sahara 4-Door Unlimited saat ini dipatok mulai dari Rp 1,73- Rp 1,835 miliar.

Adapun di kelas SUV boxy premium, Land Rover Defender sudah menyentuh angka Rp 2,606 miliar hingga Rp 3,95 miliar. Sedangkan Mercedes Benz G-Class 2024 bisa tembus Rp 6,58 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat