vadakkuvaasal.com

Berapa Lama Waktu Ideal Panaskan Mesin Motor Injeksi?

Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASS
Lihat Foto

JAKARTA, – Sepeda motor keluaran baru rata-rata sudah menggunakan sistem pengabutan injeksi, yang sudah terbilang canggih ketimbang motor tahun lama yang masih karburator.

Sedikit banyak hal ini memengaruhi durasi memanaskan mesin, karena tidak seperti motor karburator yang lebih sulit meraih langsam, terutama saat pagi hari.

Lantas, berapa lama waktu ideal memanaskan motor injeksi?

Baca juga: Kasus Tewasnya Pemilik Rental di Pati, Waspada Ambil Mobil Sewaan

Test ride New Honda CBR250RR di fasilitas tertutup Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Test ride New Honda CBR250RR di fasilitas tertutup Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat.

Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi, mengatakan, memanaskan mesin motor injeksi setelah lama tidak digunakan memang punya manfaat tersendiri. Salah satunya membuat oli mesin bersirkulasi sebelum motor digunakan.

Namun demikian, memanaskan mesin motor injeksi tidak boleh terlalu lama. Menurutnya, memanaskan motor terlalu lama dapat merusak mesin.

“Asalkan, saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber,” ujar Wahyu, kepada (10/6/2024).

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Saat Mobil Gagal Nanjak

Artinya, tidak perlu memainkan gas atau menggeber motor saat mesin dipanaskan. Itu pun cukup dinyalakan beberapa menit saja.

“Cukup satu sampai lima menit. Kalau terlalu lama dipanaskan, bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia,” ucap Wahyu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat