vadakkuvaasal.com

Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Minta Ganti, Terlihat Benangnya

Ban yang sudah aus sebaiknya diganti.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ban merupakan bagian vital dari kendaraan karena menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Kondisi ban yang baik sangat penting untuk keselamatan berkendara. Apabila ban bermasalah, risiko kecelakaan yang bisa mengancam nyawa pun meningkat.

Salah satu tanda bahwa ban harus diganti adalah ketika ban sudah botak dan menunjukkan benang atau kawat.

Baca juga: Mobil Transmisi Matik Bekas Ada Bunyi Jedug, Apa Layak Dibeli?

Hal ini merupakan indikasi jelas bahwa ban tersebut sudah tidak layak pakai dan harus segera diganti untuk menghindari bahaya di jalan.

"Kalau sudah tipis, sudah kelihatan benangnya atau kawatnya, itu harus diganti," kata Efo, pengelola Warna Warni Ban di Jakarta Selatan kepada , Selasa (11/6/2024).

Ban uas tidak rata disebabkan oleh beberapa hal seperti sok absorber dan as roda/Erwin Setiawan Ban uas tidak rata disebabkan oleh beberapa hal seperti sok absorber dan as roda

Selain itu, Efo juga menyoroti pentingnya mengganti ban berdasarkan usia meskipun secara fisik ban masih terlihat baik.

"Kalau usia ban sudah 5 tahun, itu sudah lama, harus diganti, gimana pun keadaannya," ujarnya.

Ban yang sudah berumur lebih dari lima tahun cenderung mengalami penurunan kualitas karet, yang dapat mengurangi daya cengkeram dan meningkatkan risiko pecah ban.

Baca juga: Volvo, Pencipta Sabuk Pengaman 3 Titik

Perawatan dan pemeriksaan rutin terhadap kondisi ban adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan oleh setiap pemilik kendaraan.

Dengan memastikan ban dalam kondisi baik, pemilik kendaraan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan saat berkendara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat