vadakkuvaasal.com

Momen Hyundai Palisade Gagal Menanjak, Ini Penyebabnya

Video mobil Hyundai Palisade gagal melewati tanjakan
Lihat Foto


JAKARTA, - Sering kali ditemui kasus mobil gagal nanjak atau tersendat saat melewati tanjakan curam, terlebih ketika jalan licin.

Seperti yang menimpa mobil Hyundai Palisade dalam unggahan akun Instagram @lowslowmotif, pada Senin (13/5/2024). Dalam unggahan tersebut memperlihatkan mobil Hyundai Palisade gagal melewati tanjakan dengan kondisi jalan yang licin.

Tampak sejumlah warga yang berada di lokasi membantu mengarahkan jalan, sambil mengganjal ban menggunakan batu. Namun, sport utility vehicle (SUV) bongsor asal Korea Selatan itu tetap tidak mampu melewati tanjakan tersebut.

Baca juga: Mau Sewa Bus Pariwisata, Jangan Ragu Tanya Uji KIR

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mobil gagal menanjak. Di antaranya adalah sistem penggerak dan skill pengemudi.

“Memang kendaraan Front Wheel Drive (FWD) akan mengalami kesulitan menanjak karena distribusi bobot akan pindah ke belakang dan ban depan akan kehilangan traksi alias slip. Apalagi jalan tanjakan tersebut licin karena hujan dan ditambah bannya HT (Highway Terrain),” ucap Sony, saat dihubungi , Senin (13/5/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Selain sistem penggerak, Sony juga mengimbau pengemudi untuk mencari momentum agar mobil bisa melewati tanjakan dengan mulus.

“Lakukan momentum start point di awal dengan benar, jika mulai melambat atau slip segera berhenti untuk menghindari slip berlebihan. Skill pengemudi jelas menentukan, bagaimana dia melihat kondisi jalan, kemiringan tanjakan, ujung tabletop dan cara yang akan digunakan, serta lainnya,” kata Sony.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Subang, Uji KIR dan Sabuk Pengaman Jadi Sorotan

Tak hanya itu, beban mobil juga bisa berpengaruh pada performa menanjak. Mobil yang terlampau berat tentu akan sangat kesulitan melewati tanjakan.

Bila memungkinkan, mobil dalam kondisi muatan penuh bisa mencari jalan alternatif lain. Namun kalau tidak, penumpang bisa turun terlebih dahulu dan membiarkan mobil menanjak, dengan asumsi tanjakan tidak terlalu jauh dan masih terbilang wajar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat