vadakkuvaasal.com

Tips Aman dan Nyaman Berkendara Saat Libur Nataru

Polri Beri Tips Nikmati Libur Natal dan Tahun Baru dengan Nyaman, Aman dan Selamat
Lihat Foto

JAKARTA, - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) seringkali digunakan sebagian masyarakat untuk bepergian menggunakan mobil pribadi, baik di dalam kota maupun ke luar kota.

Untuk itu segala persiapan perlu dilakukan, agar dapat memberikan keamanan dan kenyamanan selama berkendara saat libur Nataru.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, membagikan tips bagi masyarakat yang hendak berpergian mengisi libur natal dan tahun baru agar nyaman, aman, dan tenang.

Baca juga: Program Beli Mobil Listrik Bisa Dapat Mobil Hybrid

Sejumlah kendaraan di ruas jalan tol milik PT Jasa Marga yang meninggalkan Jabotabek pada H-4 perayaan natal 2023. Jasa Marga Sejumlah kendaraan di ruas jalan tol milik PT Jasa Marga yang meninggalkan Jabotabek pada H-4 perayaan natal 2023.

Sandi mengatakan, hal pertama yang diperlukan adalah menjaga kesehatan diri dan kebugaran fisik.

Kedua, periksa kelaikan kendaraan sebelum berangkat dan pastikan kondisi keamanan rumah terjamin.

“Lalu periksa kembali keamanan rumah yang akan ditinggalkan seperti kelistrikan, kompor dan air,” ujar Sandi dalam keterangan resminya, Sabtu (24/12/2023).

Baca juga: Hari Kedua Tol Cijago Tersambung, Masih Banyak yang Kebablasan

Kendaraan roda empat terpantau padat di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi (/Rizki Alfian Restiawan) Kendaraan roda empat terpantau padat di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi

Selanjutnya, pastikan telah mempersiapkan bekal yang cukup selama liburan terutama menyiapkan saldo e-toll, agar tidak kurang ketika perjalanan.

Sandi juga menghimbau, bagi pengemudi yang lelah untuk berhenti dan beristirahat guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Road Trip Naik Mobil Listrik, Tak Dianjurkan Pakai Roof Box

“Manfaatkan rest area yang telah disiapkan jika lelah berkendara. Patuhi segala arahan petugas di lapangan agar selamat dan aman,” ucap Sandi.

Untuk mengamankan dan memperlancar arus mudik dan balik libur Nataru, Sandi mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga sudah mengatur pembatasan operasional angkutan barang di ruas jalan tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat