vadakkuvaasal.com

Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

Pada tahun 1937, Mercedez-Benz mengeluarkan Mercy G5 yang merupakan kendaraan berpengerak 4x4.
Lihat Foto

JAKARTA, - Sebelum ada istilah Sport Utility Vehicle (SUV) mobil yang bisa dipakai di segala medan disebut jip. Pada masa lalu jip yang diambil dari kata Jeep, identik dengan kendaran militer.

Mengutip buku "Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini," karya James Luhulima, mobil jip memang pertama kali dibuat untuk keperluan militer sehingga harus tangguh digunakan segala medan.

Baca juga: Quartararo Takut Lihat Marc Marquez Bersama Ducati

Pada tahun 1937, Mercedez-Benz mengeluarkan Mercy G5 yang merupakan kendaraan berpengerak 4x4.Foto: Autoevolution Pada tahun 1937, Mercedez-Benz mengeluarkan Mercy G5 yang merupakan kendaraan berpengerak 4x4.

Uniknya, jika orang berbicara jip, maka orang akan selalu mengacu pada jip Willys buatan Amerika Serikat yang pertama kali muncul pada 1941.

Meski sering kali Willys dianggap sebagai jip yang dipakai perang pertama yang muncul di dunia, nyatanya pada dua tahun sebelumnya yaitu pada 1937, Jerman sudah punya dua mobil yang memenuhi spesifikasi kendaraan perang.

Pada 1937, Mercedez-Benz mengeluarkan Mercy G5 yang merupakan kendaraan berpengerak 4x4. Mobil ini menyandang mesin 2.006 cc, 4-silinder segaris yang menghasilkan tenaga 48 Tk.

Baca juga: Apakah Mobil Listrik Boleh Langsung Dicas Setelah Dipakai Berkendara?

Willys Owners Indonesia (WOI) Willys Owners Indonesia (WOI)

Kemudian di tahun yang sama, BMW juga mengeluarkan BMW 325. Bentuk dan spesifikasinya mirip-mirip dengan Mercy G5. Bedanya BMW menggunakan mesin 6-silinder segaris yang menghasilkan tenaga maksimum 50 Tk.

Pada 1939, setelah Jerman memulai Perang Dunia II Mercy G5 digunakan oleh Nazi usai menyerbu Cekoslovakia. Bersama dengan mobil perang lain yang dibuat sesama pabrikan Jerman, yaitu KdF Wagen Type 92.

Kemiripan antara Mercy G5 dan BMW 325 bukan tanpa sebab, pada tahun itu kedua merek asal Jerman tersebut diperintahkan oleh Angkatan Darat (AD) Jerman membuat mobil berpenggerak 4x4 yang seragam.

Baca juga: Arus Balik, 12.000 Kendaraan Tinggalkan Sumatera Kembali ke Jawa

Willys Owners Indonesia (WOI) Willys Owners Indonesia (WOI)

Sejarah mencatat, Mercy pertama kali membuat jip alias mobil lintas alam pada tahun 1926 yang dinamakan Mercy G1. Bentuknya masih seperti truk tapi punya enam roda. Kemudian pada 1933 dikembangkan jadi lagi jadi Mercy G4.

Dari G4, Mercy kemudian mengembangkan lagi mobilnya menjadi Mercy G5. Secara desain Mercy G5 lebih baik dan mobil yang berbentuk "jip" tersebut punya spesifikasi untuk jadi kendaraan perang.

Kekalahan Jerman di Perang Dunia II pada 1945 sekaligus menghentikan pembuatan jip di negara itu. Sebaliknya peran AS dalam Perang Dunia II mengangkat nama Willys hampir di seluruh dunia yang pernah dijejaki tentara AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat