vadakkuvaasal.com

Mengenal Histori SUV, Mobil yang Berakar dari Konsep Jip Sipil

All New VW Tiguan Allspace hadir mengisi segmen SUV 7-penumpang. Mobil asal Jerman tersebut pertama kali meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu.
Lihat Foto

JAKARTA, - Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini digemari di seluruh dunia. Penjualan SUV meningkat dibanding sedan, hatchback, ataupun jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Namun, sebetulnya penyebutan SUV masih terbilang baru. Sebab istilah SUV belum digunakan secara luas sampai era 1970-1980'an.

Baca juga: Video 2 Mobil Penyok Kejar-kejaran di Tol, Ternyata Ditabrak Truk

SUV sendiri diyakini merupakan pengembangan dari jip. Mobil tangguh untuk keperluan militer yang kemudian dikembangkan buat sipil tapi punya kenyamanan dan tampilan yang lebih elegan.

Wali Kota Lhokseumawe, Suadi Yahya (kiri) bersama sejumlah perwira tinggi TNI-Polri mengendarai mobil Jeep Willys saat menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (17/8/2018). Konvoi Jeep Willys pabrikan 1947 merek legendaris Amerika Serikat (AS) ini menghadirkan nuansa perang pada peringatan HUT RI di Aceh.ANTARA FOTO/RAHMAD Wali Kota Lhokseumawe, Suadi Yahya (kiri) bersama sejumlah perwira tinggi TNI-Polri mengendarai mobil Jeep Willys saat menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (17/8/2018). Konvoi Jeep Willys pabrikan 1947 merek legendaris Amerika Serikat (AS) ini menghadirkan nuansa perang pada peringatan HUT RI di Aceh.

Konsep jip sipil sendiri dipercaya muncul usai Perang Dunia II selesai. Salah satunya muncul istilah CJ atau Civilian Jeep.

Pada 1945, Willys meluncurkan CJ2 dan CJ3, bahkan tak cuma diproduksi di Amerika Serikat tapi juga negara lain menggunakan lisensi. Dari Perancis, Willys muncul tahun 1950 dan 1955 dengan nama Delahaye dan Hotchkiss.

Pada saat yang sama muncul jip sipil lain, di Inggris muncul Land Cruiser (1948), di Italia ada Fiat Campagnola (1951), dan di Jepang ada Toyota Land Cruiser FJ55 (1954) dan Nissan Patrol (1950'an).

Baca juga: Cara Mengerem Skutik Saat Lewat Turunan, Gas Buka Sedikit

Mercedes-Benz G-Class produksi ke-500.000Dok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz G-Class produksi ke-500.000

Mengutip buku "Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini," karya James Luhulima, dari konsep jip sipil tersebut munculah mobil utility vehicle yang belakangan berkembang menjadi sport utility vehicle alias SUV.

SUV pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1960'an dengan nama utility vehicle. Mobil itu bermerek International Harvester dan punya nama International Harvester Scout.

"Kehadiran International Harvester Scout kemudian diikuti oleh Jeep Wagoner dan Cherokee, Ford Bronco, Toyota Land Cruiser FJ55, Chevrolet Blazer, Range Rover. Mitsubishi pun menyusul dengan Pajero (Montero) serta Nissan Patrol," tulis buku dikutip Jumat (5/1/2023).

SUV Century ConvertibleYoutube Toyota Japan SUV Century Convertible

Meski saat itu SUV berkembang sangat pesat namun tidak semua jip sipil kemudian dikembangkan ke arah SUV. Beberapa pabrikan tetap mempertahankan sosok jip klasik yang kaku dan kokoh.

Baca juga: Mika Lampu Mobil Retak, Apa Masih Bisa Diperbaiki?

Contohnya ialah Mercedes-Benz yang tetap mempertahankan G-Class tapi juga membuat SUV di seri GLS, GLE dan GLC. Contoh lain yaitu Wrangler dan juga Land Rover Defender yang masih berkiblat ke jip.

Dilansir dari Motorbiscuits, istilah SUV pertama kali muncul di brosur Jeep Cherokee SJ pada tahun 1974. Mobil sehingga mobil tersebut dianggap sebagai salah satu SUV pertama di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat