vadakkuvaasal.com

Rencana Homologasi FIA Sirkuit Mandalika, Tunggu Ada Balapan

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), (23/11/2023).
Lihat Foto

JAKARTA, - Sirkuit Internasional Mandalika sedang audiensi biar mendapatkan homologasi FIA Grade III. Tujuannya agar trek yang ada di Lombok ini bisa melaksanakan balapan mobil skala internasional.

Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association mengatakan, pihaknya dengan FIA sudah saling berkabar, bahkan sampai datang ke sirkuit untuk lihat langsung.

"FIA (dengan) kita sudah berkorespondensi, sudah datang beebrapa kali ke Mandalika. Mereka kasih daftar catatan yang mesti diperbaiki," kata Priandhi di IIMS 2024, Sabtu (24/2/2024).

Baca juga: Harga Resmi Tiket MotoGP Mandalika 2024, mulai Rp 700.000

Pasangan Daffa dan Dikco Prasetyo tim dari Rizqi Motorsport berhasil menjuarai Endurance Race ajang balap mobil Forsche Sprint Challenge Indonesia yang berlangsung di Sikruit Mandalika, Minggu (10/12/023).KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Pasangan Daffa dan Dikco Prasetyo tim dari Rizqi Motorsport berhasil menjuarai Endurance Race ajang balap mobil Forsche Sprint Challenge Indonesia yang berlangsung di Sikruit Mandalika, Minggu (10/12/023).

Priandhi menjelaskan, dari catatan yang sudah diberi dari FIA, sebenarnya tidak terlalu besar ubahannya alias minor. Bahkan sudah 70 persen dari daftar tersebut dikerjakan, sisanya masih negosiasi.

"Ini hanya perubahan jumlah tebal ban (pembatas trek), tadinya motor berdiri, mobil minta ditidurkan. Jadi masalah kecil, dari catatan mereka sudah 70 persen kita kerjakan, tinggal 30 persen yang kita masih negosiasi supaya antara FIM yang sudah punya homolagasi dengan FIA ini tidak bertabrakan," kata Priandhi.

Baca juga: Jadi Mobil Logistik Bright Pertamina, Honda N-Van EV Tempuh 8.300 Km


Homologasi FIM sendiri MGPA akan kembali melakukannya tapi nanti menjelang balapan. Misal buat MotoGP, harus lolos Grade A dan biasanya dilakukan beberapa hari sebelum balapan.

Cuma buat FIA, mengingat saat ini belum ada kesepakatan balapannya, jadi tidak dikejar waktu buat dikerjakan. Memang sempat ada beberapa ajang balap yang datang langsung ke trek, tapi belum sepakat.

"Kami tidak concern dengan homologasi (FIA) karena balapnya kan belum ada ya. Jadi kita tidak perlu kejar-kejar," kata Priandhi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat