vadakkuvaasal.com

Bus AKAP Pahala Kencana yang Terbakar di Jalan Tol karena Pecah Ban

Bus Pahala Kencana dengan Nopol B 7426 TK terbakar di jalan tol Jombang - Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (17/4/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Bus AKAP milik PO Pahala Kencana dngan nomor polisi B 7426 TK terbakar di Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Rabu (17/4/2024) pagi.

Beruntungnya, bus yang berisikan 34 penumpang berserta empat kru selamat dari kejadian tersebut. Para penumpang beserta kru bus berhasil keluar dari bus sebelum kendaraan itu terbakar.

Kemudian, semua penumpang langsung dijemput oleh bus pengganti menuju lokasi tujuan. 

Baca juga: Sensasi Berkendara Luar Kota dengan Hyundai Stargazer Prime

Kanit PJR Jatim III Satuan PJR Ditlantas Polda Jatim AKP Yudiyono menceritakan kronologi kejadian itu, bus sedang melaju dari Bandung menuju ke Denpasar di lajur lambat atau kiri. Sesampainya di Kilometer 705 A, bus alami pecah ban belakang dan bergesekan dengan beton.

“Gesekan itu menimbulkan percikan api yang menimbulkan KR bus terbakar. Posisi terakhir kendaraan di bahu jalan menghadap ke timur,” ujar Yudiono, dikutip dari .

Bus Pahala Kencana dengan Nopol B 7426 TK terbakar di jalan tol Jombang - Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (17/4/2024).KOMPAS.COM/ASTRA TOLL JOMO Bus Pahala Kencana dengan Nopol B 7426 TK terbakar di jalan tol Jombang - Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: PO Bintang Utara Putra Rilis Dua Bus Baru Pakai Sasis Mercedes-Benz

Fachrul Rozi, Customer Engineering Support Michelin Indonesia, mengatakan, jalan beton lebih abrasif dibandingkan jalan aspal. Saat melintasi medan jalan dengan permukaan beton membuat kembangan ban cepat habis sehingga rawan panas dan meledak. 

Oleh sebab itu, pengendara bus harus memperhatikan cara berkendara untuk meminimalisasi dampaknya.

“Kenapa bus jalannya malam? Ya salah satunya itu (menjaga kondisi ban). Karena bila bus jalannya siang akan takut bannya pecah di tengah jalan karena panas,” ujar Rozi kepada beberapa waktu lalu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat