vadakkuvaasal.com

Ini Kunci Ganda Terbaik untuk Cegah Curanmor

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor
Lihat Foto

JAKARTA, - Saat sedang memarkir di tempat umum, pemilik dianjurkan untuk selalu waspada dan memasang pengaman tambahan berupa kunci ganda, supaya terhindar dari bahaya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Pengaman tambahan biasanya dipasang secara khusus pada komponen tertentu, seperti rem tangan, shockbreaker, bahkan piringan cakram motor. Namun di antara opsi ini, mana yang paling efektif mencegah kemalingan?

Menurut pendapat mekanik, pengaman model fork lock alias kunci garpu adalah kunci ganda terbaik dan paling paling bisa meminimalisir risiko. Banderolnya juga cukup terjangkau, mulai dari kisaran Rp 200.000.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, fork lock dipasang dengan posisi berpalang dan melingkupi tiga komponen sekaligus, yakni shockbreaker depan, cakram, serta pelek.

Baca juga: Motor Listrik Mati Total Setelah Ditinggal Lama, Apa Penyebabnya?

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motorbukalapak Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Fork lock itu ukurannya paling besar dan paling minim risiko juga, soalnya dia mengikat langsung ke as shock depan,” ucapnya kepada di Tangerang, Minggu (21/4/2024).

Anto menambahkan, beberapa kunci pengaman lain memang bisa mencegah risiko pencurian, namun bisa memicu kerusakan lain atau masih berpotensi dibobol.

Contoh kunci pengaman lain yang cukup populer adalah disk lock, dipasang di lubang cakram depan motor. Walau ukuranya ringkas, komponen ini diklaim cukup berbahaya.

“Ada kemungkinan bisa bikin cakram peyang atau pecah kalau didorong paksa. Memang masih aman karena yang penting motor enggak dicuri, tapi sayang juga kalau cakram sampai rusak,” kata dia.

Baca juga: Kamera ETLE Bertambah, Jumlah Pelanggar Saat Mudik Meningkat

Ilustrasi cakram motor dikunci menggunakan gembok pagar/Daafa Alhaqqy Ilustrasi cakram motor dikunci menggunakan gembok pagar

Opsi pengaman selanjutnya yang juga tersedia adalah brake lock, dipasang di bagian tuas rem sehingga membuat motor terkunci paksa.

Kunci pengaman terakhir yang tidak konvensional tapi bisa dijadikan opsi terakhir adalah gembok pagar. Fungsinya serupa dengan disk lock dan dipasang di lubang cakram depan motor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat