vadakkuvaasal.com

Ada Gelembung pada Radiator Bisa Jadi Indikasi Mobil Overheat

Coolant Radiator
Lihat Foto

SOLO, - Semua mobil modern memiliki radiator yang menjadi sistem pendingin mesin mobil, di mana berguna untuk menjaga suhu agar tetap stabil saat berjalan.

Maka dari itu, pemilik perlu merawat radiator karena. punya fungsi yang vital dalam operasional kendaraan. Ketika menemukan ada gelembung pada radiator, maka pemilik mobil patut waspada.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Solo, mengatakan, adanya gelembung pada radiator bisa menjadi indikasi mesin kebocoran pada kompresi mesin.

Baca juga: ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin/Erwin Setiawan Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin

“Kalau ada gelembung di radiator, berarti ada kebocoran kompresi mesin,” kata Iwan kepada , belum lama ini.

Iwan menjelaskan, saat ada kebocoran berarti ada celah antara blok mesin dan cylinder head sehingga menjadi penyebab adanya gelembung air radiator muncul.

“Bisa juga karena kebocoran pada cylinder head, bisa cylinder head melengkung, bisa blok mesin keropos. Sehingga kompresi mesin bocor ke ruang pendingin mesin,” kata Iwan.

Baca juga: Motor Listrik Baru Polytron Segera Meluncur, Bukan T-Rex Namanya


Iwan juga mengatakan, kodisi ini yang membuat mobil overheat. Apalagi air radiator akan tersebut berkurang, dan tekanan air radiator di sistem pendingin akan meningkat sehingga air radiator akan membludak menuju tabung cadangan.

“Saat overheat tekanan air meningkat, air balik ke tabung cadangan. Adanya gelembung di radiator hanya salah satu indikator mesin overheat atau gelembung bisa akibat dan penyebab (overheat) juga,” kata Iwan.

Maka dari itu, pemilik mobil perlu waspada saat ada gelembung pada radiator karena bisa menjadi indikasi mesin overheat.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat