vadakkuvaasal.com

Penjualan Seres E1 Diklaim Tembus Ratusan Unit, tapi Masih Belum Banyak di Jalan

PT Sokonindo Automobile membawa dua merek andalannya yakni DFSK dan Seres di PEVS 2024.
Lihat Foto

JAKARTA, - PT Sokonindo Automobile melalui merek Seres menjual kendaraan listrik penumpang dengan dimensi mungil bernama E1. Pesaing Wuling Air ev ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 189 juta untuk tipe E1 B-Type, sampai Rp 219 juta untuk tipe E1 L-Type.

Seres E1 sudah dipasarkan sejak ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Penjualannya juga diklaim sudah tembus ratusan unit.

“Kalau performa penjualan kita bisa lihat, kalau dikirim ke diler sudah ratusan, tapi untuk retail sedang dalam proses. Karena kan tidak semua orang beli cash, terutama yang kredit. Tapi kita sudah mengirim dari pabrik ke diler ratusan,” ucap Doni Putra Okten, Head of Marketing and Sales PT Sokonindo Automobile, saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Baca juga: Benarkah Mobil Transmisi Matik Lebih Mudah Mengalami Rem Blong?

Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2023 (November-Desember) Seres berhasil distribusikan kendaraan dari pabrik ke diler sebanyak 111 unit. Sementara untuk Januari-Maret 2024 tercatat distribusi sebanyak 39 unit.

Seres E1/Nanda Seres E1

Doni pun turut mengungkap alasan mengapa mobil listrik mungil asal pabrikan Tiongkok itu belum banyak terlihat di jalan.

“Tinggal tunggu saja, karena Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) masih menunggu di bulan Mei, Juni. Kita lihat saja banyak yang sudah pakai pelat sementara. Masih proses pengiriman ke konsumen karena SPK di GIIAS tahun lalu sangat luar biasa banyak,” kata Doni.

BIcara soal tampilan, Seres E1 memiliki desain yang mungil dan stylish. Tak jauh berbeda dengan mobil listrik di kelasnya, bagian fascia Seres E1 didominasi dengan gril tertutup serta lampu depan yang atraktif dan modern.

Mobil Seres E1 dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh untuk B-Type yang mampu menempuh jarak maksimal sepanjang 180 km dalam satu pengisian penuh.

Sedangkan Seres E1 L-Type memiliki kapasitas baterai 16,8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 220 km. Baterai ini juga diklaim sudah lulus Sertifikat IP67, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air.

Baca juga: Deretan Modifikasi Wuling Air ev di PEVS 2024

Performa yang ditawarkan Seres E1 tergolong cukup meyakinkan dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 25 kW (33 Hp) untuk Type B, serta 30 kW (40 Hp) untuk L-Type, serta menghasilkan torsi maksimal sebesar 100 Nm dengan menggunakan transmisi otomatis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat