vadakkuvaasal.com

Cara Mudah Merawat Kaca Film Mobil di Rumah

Kaca film V-Kool
Lihat Foto

JAKARTA, - Kaca film memiliki peranan yang cukup penting. Fungsinya bisa menolak panas bahkan memberikan privasi yang baik untuk pengemudi maupun penumpang karena bisa memilih tingkat kegelapan.

Menjaga kondisi kaca film agar tetap awet sebetulnya juga tidak sulit, bahkan sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Linda Widjaja, Vice President Director, PT V-KOOL Indo Lestari, mengatakan, kaca film sebetulnya tidak memerlukan perawatan khusus. Menurut Linda, adanya penurunan kualitas pada kaca film biasanya disebabkan dari kebiasaan pemilik kendaraan dalam memperlakukan kaca film itu sendiri.

Baca juga: Kaca Film Gelap Bukan Jaminan Bikin Kabin Mobil Adem

“Kaca film itu sebetulnya tidak perlu dirawat, tapi lebih ke bagaimana pemilik memperlakukan kaca film mobil. Perlakuannya tidak mungkin memakai sabut aluminium (saat membersihkan), hindari juga terkena goresan. Kalau kena air atau sabun, sebetulnya tidak apa-apa,” kata Linda, saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Linda melanjutkan, pemilik kendaraan sebaiknya menghindari bahan kimia, gunakan cairan yang aman seperti shampo bayi. Kemudian di lap mengguanakan handuk atau microfiber.

kaca film VKOOLVKOOL kaca film VKOOL

“Hindari bahan kimia. Kalau mau bersihkan bagian dalam pakai shampo bayi, itupun tipis-tipis saja. Jadi memang tidak perlu perawatan khusus,” ucap Linda.

Hal senada juga diungkapkan oleh Christopher Sebastian, Presiden Direktur Makko Group. Menurutnya, membersihkan kaca film mobil tidak memerlukan cairan khusus.

Baca juga: Wuling Buka Promo buat Air ev, Almaz dan Alvez

Justru cairan khusus bisa berpotensi merusak kaca jika kandungan yang ada pada cairan tersebut tidak sesuai dengan yang direkomendasikan.

“Membersihkan kaca film tidak perlu menggunakan cairan khusus yang mengandung amonia atau alkohol. Menggunakan cairan tersebut malah bisa mengurangi kualitas dari umur kaca film,” kata Christopher.

Menurutnya, saat memberishkan kaca film mobil yang kotor sebaiknya cukup dengan menggunakan air biasa saja. Serta menggunakan lap dari bahan microfiber sehingga lebih aman saat digunakan.

“Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap, tidak perlu pakai cairan khusus. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kain microfiber, tapi jangan menggunakan kain yang sama digunakan untuk bodi mobil, karena bisa menyebabkan baret,” ucap Christopher.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat