vadakkuvaasal.com

Marquez Percaya Regulasi MotoGP 2027 Bikin Persaingan Makin Sengit

Ilustrasi MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober 2023 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Lihat Foto

BANDUNG, - Pebalap asal Spanyol, Marc Marquez mengaku sudah mempelajari regulasi terbaru MotoGP yang akan diberlakukan pada musim 2027 mendatang.

Kendati tidak tahu apakah dirinya masih aktif membalap ketika momen tersebut, ia setuju atas semua poin yang akan diterapkan. Sebab, bisa berdampak positif pada MotoGP khususnya persaingan para pebalap.

"Saya tidak tahu di mana saya akan berada pada musim 2027. Namun, saya tentu sudah mempelajari aturan baru tersebut," kata Marquez dikutip Crash pada Sabtu (11/5/2024).

Baca juga: Biaya Kepemilikan Haval H6 HEV Sampai 100.000 Km

Marc Marquez dan Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. MotoGP Marc Marquez dan Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

"Saya tak bisa membahasnya secara mendalam, tapi sepertinya ini bertujuan untuk membuat balapan lebih seru," lanjutnya.

Secara rinci, Marquez mengaku senang soal aturan yang membatasi penggunaan perangkat aerodinamika berlebihan. Dengan demikian, pebalap bisa menunjukkan kemampuan yang sebenarnya tanpa terlalu bergantung ke motor.

"Kalau perangkat-perangkat tambahan di motor lebih sedikit, maka pebalap bisa lebih banyak menunjukkan perbedaan dan nilai kami sebagai rider akan lebih baik," ujarnya.

"Jadi, orang akan fokus ke pebalapnya, bukan motor. Ini merupakan langkah yang saya suka," kata Marquez.

Diketahui, Dorna Sport telah mengumumkan regulasi baru MotoGP yang mulai berlaku tiga musim lagi.

Baca juga: Apakah Filter Oli Transmisi Mobil Matik Harus Diganti Rutin?

Ilustrasi MotoGP AustraliaRobert Cianflone / Getty Images Ilustrasi MotoGP Australia

Pada aturan tersebut, terdapat sejumlah hal yang berubah, mulai dari kapasitas mesin hingga penggunaan perangkat aerodinamika tambahan.

Kapasitas motor balap mulai musim 2027 akan turun menjadi 850 cc dari 1.000 cc. Kemudian bahan bakarnya 100 persen ramah lingkungan, meningkat dari musim ini yang hanya 40 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat