vadakkuvaasal.com

Jangan Asal Pindahkan Tuas Transmisi Matik CVT ke L Saat Tidak Kuat Nanjak

All New Honda BR-V Prestige CVT
Lihat Foto

SOLO, - Mobil dengan transmisi matik Continuously Variable Transmission (CVT), posisi L berfungsi untuk memberikan torsi lebih besar dan menjaga kecepatan kendaran tetap rendah.

Maka dari itu, pengemudi mobil CVT memindahkan tuas transmisi ke L untuk melewati jalan menanjak yang curam.

Namun, masih banyak yang salah dalam mengoperasikan transmisi saat di posisi L, sehingga merusak komponen CVT.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan banyak mobil matik CVT setelah digunakan melewati jalanan seperti perbukitan komponen CVT-nya rontok. Ini terjadi karena kurangnya pemahaman pengemudi dalam mengoperasian mobil matik.

Baca juga: Sejumlah Perusahaan Otobus Diklaim Sudah Mengutamakan KIR

Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru./DIO DANANJAYA Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.

“Ada yang mengoperasikan posisi L begitu mobil dirasa mulai tidak kuat saat nanjak, padahal itu sangat berbahaya,” kata Hardi kepada , belum lama ini.

Hardi mengatakan, perpindahan tuas CVT dari D ke L saat mobil tidak kuat menanjak itu masih banyak yang salah paham.

“Khusus mobil matik CVT, posisi L itu tidak sama dengan gigi lebih rendahnya mobil manual, jadi tidak seharusnya digunakan saat mobil mulai tidak kuat nanjak sambil menginjak pedal gas lebih dalam,” kata Hardi.

Menurut Hardi, jika hal tersebut dilakukan, maka akan berpeluang slip di sabuk baja dan puli sehingga bisa membuat komponen dalam CVT rontok.

Baca juga: Begini Cara Mematikan Mesin Mobil Matik yang Benar


“Jika memang tidak kuat nanjak dan di tanjakan sudah hampir terlampaui, maka boleh saja menggunakan posisi L dengan catatan memainkan gas dengan pelan atau tidak lebih dari 2.500 rpm, sambil diimbangi dengan rem tangan,” kata Hardi.

Sementara, Pemilik Worner Matic Spesialis Transmisi Matik Hermas Efendi Prabowo juga mengatakan, tuas transmisi posisi L di mobil matik CT tidak bisa digunakan untuk jalanan menanjak panjang dan ekstrem.

“(Posisi L pada CVT) bisa untuk bantu kita saat parkir di area-area gedung atau basement, yang kadang lumayan terjal,” kata Hermas.

Untuk itu, penggunaan tuas matik CVT posisi L ada caranya tidak asal main karena bisa merusak komponen CVT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat