vadakkuvaasal.com

Kapan Pelek Jari-jari Sebaiknya Disetel Ulang?

Beberapa tanda sebaiknya pelek jari-jari disetel ulang.
Lihat Foto

JAKARTA, - Pelek jari-jari merupakan komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi menjaga kestabilan dan kenyamanan berkendara. Mengingat peran vitalnya, memastikan kondisi pelek jari-jari tetap prima adalah hal yang sangat penting untuk keselamatan pengendara.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menyetel ulang pelek jari-jari?

"Lihat pemakaian saja, jadi tergantung masing-masing orang, sering bawa beban berat enggak, atau sering berkendara jauh enggak," kata Wagiyanto, pengelola bengkel setel pelek jari-jari di Palmerah kepada , Rabu (5/5/2024).

Baca juga: Sleeper Bus Milik PO Zafa Trans Layani Trayek Makassar - Mamuju

Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing.Ghulam/Otomania Ragam pelek jari-jari merek TDR Racing.

Pengendara yang sering membawa beban berat atau sering melakukan perjalanan jauh cenderung memerlukan penyetelan lebih sering dibandingkan dengan mereka yang menggunakan motor untuk perjalanan pendek sehari-hari.

Selain pola penggunaan, kondisi fisik pelek juga menjadi indikator penting. Wagiyanto menekankan bahwa munculnya karat pada pelek jari-jari adalah salah satu tanda bahwa pelek perlu disetel ulang.

"Sebenarnya kalau sudah mulai kelihatan karat, biar aman ya disetel lagi," ujarnya.

Penyetelan ulang juga harus dilakukan jika terdapat jari-jari yang patah. Jari-jari yang patah dapat mengurangi kestabilan pelek dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: PO Agra Mas Berikan Diskon Tiket Bus Rp 80.000

"Yang pasti, setel pelek wajib dilakukan kalau jari-jarinya ada yang patah," kata Wagiyanto.

Jadi, setiap pengendara perlu memeriksa berkala kondisi pelek jari-jari untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat