vadakkuvaasal.com

Jajal Lexi LX 155, Responsif dari Putaran Bawah

Yamaha Lexi LX 155
Lihat Foto

JAKARTA, - Yamaha Lexi generasi baru datang tak hanya mengandalkan perubahan pada sisi visual dan fitur, tapi juga dapur pacu baru yang diklaim lebih bertenaga dari sebelumnya.

Lexi LX 155 hadir menggunakan Blue Core 155 cc generasi ketiga. Berdasarkan data, keluarga Maxi ini memiliki tenaga 15,1 Tk pada putaran 8.000 rpm dan torsi sebesar 14,2 Nm di 6.500 rpm.

Menariknya, bila dibandingkan, ternyata torsi yang dimiliki Lexi LX 155 sedikit lebih besar dari Nmax dan Aerox, yakni beda 0,3 Nm. Meski kecil tapi hasilnya cukup signifikan.

Baca juga: Pertamina Gencarkan QR Code untuk Beli Pertalite

Yamaha Lexi LX 155/STANLY RAVEL Yamaha Lexi LX 155

Tak heran ketika redaksi menjajalnya beberapa waktu lalu, dari putaran bawah sudah terasa lebih responsif saat tuas gas mulai diputar. Apalagi secara bobot, Lexi lebih ringan dari dua saudaranya tadi.

Hal ini memberikan pengalaman baru dan berbeda dari sebelumnya. Tak butuh effort lebih untuk memutar tuas gas dari posisi diam, Lexi LX 155 sudah sigap berjalan dan smooth.

Sedikit memutar gas lebih dalam, tenaganya juga langsung bertambah. Tenganya masih terisi tanpa ada gejalan keteteran ketika tuas gas langsung diputar dengan spontan.

Mesin Yamaha Lexi LX 155Dok. YIMM Mesin Yamaha Lexi LX 155

Baca juga: Ulik Visual dan Kenyamanan Baru Yamaha Lexi LX 155

Hal ini tentunya juga tak lepas dari keberadaan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang dapat meningkatkan performa pada setiap putaran serta beberapa racikan baru, seperti magnet kruk as, kruk as yang dibuat lebih pendek, hidrolik tensioner, sproket cam, silinder bodi, dan gearbox.

Didukung bodi yang ramping dan posisi duduk yang nyaman untuk penumpang dewasa dengan tinggi 175 cm, Yamaha Lexi LX 155 juga lincah diajak melewati rute-rute kemacetan Jakarta.

Keberadaan ban 90/90 di bagian depan dan 100/90 di belakang yang kemudian dibingkai pelek 14 inci, terasa pas mendukung handling Lexi 155 yang tak terlalu kaku.

Baca juga: Mengendarai Motor, Baiknya Menyalip dari Sebelah Kanan atau Kiri?

 

Meski suspensi belakang sedikit terasa keras bila tanpa boncengan, tapi kompensasinya membuat motor ini terasa lebih stabil di lintasan lurus.

Impresi jajal Yamaha Lexi LX 155 di BaliDok. Yamaha Impresi jajal Yamaha Lexi LX 155 di Bali

Bicara soal konsumsi bahan bakar (BBM), setelah mengajak Lexi LX 155 berkeliling singkat di dalam kota dengan jarak tempuh hingga 62,5 kilometer (km) melewati beberapa ruas jalan yang macet dan berkendara sedikit agresif, mendapatkan hasil 44,0 km per liter (kpl).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat