vadakkuvaasal.com

Video Dispenser SPBU Terbakar Akibat Mobil Tancap Gas Saat Isi BBM

Video dispenser SPBU di Cilegon mengalami kebakaran, karena selang dari mesin pengisian BBM tertarik mobil yang sedang mengisi bahan bakar.
Lihat Foto

JAKARTA, - Viral di media sosial video yang memperlihatkan dispenser SPBU di Cilegon mengalami kebakaran, karena selang dari mesin pengisian BBM tertarik mobil yang sedang mengisi bahan bakar.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @jabodetabek.terkini, Selasa (11/6/2024). Dalam tayangan tersebut mulanya memperlihatkan mobil berwarna putih sedang mengisi bahan bakar di SPBU Jalan Raya Cilegon-Serang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten.

Usai melakukan pembayaran, tiba-tiba kendaraan tersebut melaju, padahal selang pengisian BBM alias Nozzle masih terpasang di tangki mobil.

Baca juga: VinFast Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia

Mobil tersebut sempat diminta berhenti oleh petugas SPBU, namun sopir diduga tak mendengar arahan petugas dan menyebabkan mesin pompa bensin tertarik dan roboh hingga terjadi kebakaran.

Muslim Dharmawan, Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan terjadinya insiden kebakaran pompa Pertalite di SPBU 34.42405, Senin (10/6/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Siana (@jakartasiana)

Ia mengatakan, insiden itu terjadi lantaran konsumen langsung pergi menjalankan kendaraan setelah melakukan pembayaran saat proses pengisian BBM masih berjalan.

“Selang 3 menit, api berhasil dipadamkan. Tidak terdapat korban jiwa dalam insiden tersebut, saat ini SPBU stop operasional menunggu hasil pengecekan HSSE, penggantian dan perbaikan kembali serta dalam penanganan lebih lanjut oleh pihak Kepolisian,” ucap Muslim, melalui pesan singkat yang diterima , Selasa (11/6/2024).

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana (SDCI) mengimbau, saat isi bensin harus dan wajib keluar dari mobil.

Baca juga: Yamaha NMAX Turbo Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 1 Juta

“Kenapa, karena mendampingi petugas dalam mengisi kedalam tangki bensin supaya lebih akurat dan terkontrol,” ucap Sony.

Selain itu, Sony melanjutkan, dengan keluar dari mobil ini menjadi lebih menghargai para petugas, dan bisa mengawasi dan mengontrol kondisi sekitar SPBU.

“Keluar wajib, mematikan mesin mobil juga wajib. Ini untuk menghindari risiko bahaya kebakaran dan mobil meluncur,” kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat