vadakkuvaasal.com

Puluhan Juru Parkir Liar di Minimarket Kena Penertiban

Nana (56) juru parkir minimarket di bilangan Cipayung, Jakarta Timur sedang mengarahkan kendaraan keluar, Sabtu (4/5/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menertibkan parkir dan juru parkir liar di Jakarta, termasuk di minimarket. Penertiban melibatkan lintas Perangkat Daerah dari unsur Pemprov DKI Jakarta, TNI, dan Polri.

Tercatat, sebanyak 55 juru parkir liar telah ditertibkan dari 45 minimarket yang disasar petugas gabungan.

Penertiban ini dilakukan berdasarkan Perda DKI Jakarta Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 10, yaitu setiap orang atau badan dilarang memungut uang parkir di jalan-jalan ataupun tempat umum, kecuali mendapatkan izin dari Gubernur atau pejabat yang ditunjuk.

Baca juga: Mei 2024, Diskon Motor Honda Tembus Rp 8 Jutaan

Juru parkir (jukir) liar lansia bernama Dhani memasang wajah memelas saat ditertibkan oleh Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Utara. Rabu (15/5/2024)./ SHINTA DWI AYU Juru parkir (jukir) liar lansia bernama Dhani memasang wajah memelas saat ditertibkan oleh Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Utara. Rabu (15/5/2024).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, untuk tahap awal penertiban, tim gabungan akan melakukan sosialisasi dan pendataan terhadap juru parkir liar hingga satu bulan ke depan.

Syafrin menjelaskan, juru parkir liar akan didata, dibina dan membuat surat pernyataan untuk tidak melakukannya lagi.

“Penindakan dilakukan petugas secara humanis dan persuasif melalui pembinaan dan edukasi kepada juru parkir liar. Juru parkir diharapkan tidak melakukan praktik penyelenggaraan parkir secara liar,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini untuk Mencegah Mobil Mengalami Rem Blong

Syafrin menegaskan, pihaknya akan menerapkan sanksi tindak pidana ringan, kepada jukir liar yang kedapatan beroperasi di minimarket dan bahu jalan, setelah masa sosialisasi selama satu bulan ini selesai.

Ia menambahkan, masyarakat dapat melaporkan keberadaan juru parkir liar melalui aplikasi JAKI atau kanal media sosial resmi Dishub DKI Jakarta.

"Masyarakat silakan laporkan bila ada keluhan atas ketidaknyamanan parkir liar kepada kami. Laporkan lokasinya akan kami tindak," ucap Syafrin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat