vadakkuvaasal.com

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Sunroof All New Subaru Forester S-EyeSight
Lihat Foto

JAKARTA, - Sebagian mobil ada yang dibekali dengan perangkat kaca pada bagian atap. Perangkat kaca tersebut umumnya disebut sunroof. Tapi, sebenarnya ada beberapa jenis lainnya, seperti moonroof, panoramic roof, dan panoramic sunroof.

Untuk orang awam, banyak yang menyebut ketiga jenis perangkat kaca tersebut dengan sunroof. Padahal, ada perbedaan yang mendasar antara sunroof, moonroof, dan panoramic roof.

Baca juga: Atap Bus PO Pesona Pakai Sunroof Panoramic

"Sebenarnya, ada perbedaannya dari ketiga jenis tersebut. Untuk sunroof dan moonroof, itu perbedaannya hanya dari cara membukanya saja," ujar Avudt, punggawa Cibubur Auto Custom, kepada , belum lama ini.

pasang sunroof mobildok Cibubur Sunroof pasang sunroof mobil

Avudt menambahkan, untuk sunroof, buka kacanya ke atas atau slide out. Sedangkan moonroof, buka kacanya ke dalam atau slide in.

"Moonroof juga ada dua jenis, ada yang satu step dan dua step. Kalau satu step, itu cuma bisa buka dan tutup saja. Sedangkan untuk dua step, kacanya bisa tilt up atau jungkit sedikit," kata Avudt.

Baca juga: Alasan The New SUV Mitsubishi Tidak Pakai Sunroof

Avudt menambahkan, untuk sunroof dan moonroof juga kacanya hanya satu dan letaknya di atas baris pertama. Sedangkan untuk panoramic roof, kacanya berukuran besar, dari baris pertama sampai baris kedua.

Panoramic Sunroof Wuling New Almaz RS/Adityo Wisnu Panoramic Sunroof Wuling New Almaz RS

Kemudian, untuk panoramic roof posisi kacanya mati alias tidak bisa terbuka. Sementara untuk panoramic sunroof, kaca di bagian depan bisa terbuka.

Untuk panoramic roof, pada beberapa pabrikan ada yang memiliki sebutan tersendiri. Contohnya, pada Hyundai Ioniq 5, atapnya disebut dengan Vision Roof.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat