vadakkuvaasal.com

Mudah, Begini Cara Cek Kelaikan Bus yang Akan Ditumpangi

Wajah asli bus pariwisata yang mengalami kecelakaan di Kabupaten Subang, Sabtu (11/5/2024) berdasarkan hasil penelusuran Pengamat Transportasi sekaligus Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi (MTI), Djoko Setijowarno
Lihat Foto

JAKARTA, - Tragedi kecelakaan bus di Subang, Jawa Barat, sekali lagi membuat banyak pihak menyoroti soal kelaikan dan kelayakan bus. Untuk itu, masyarakat ternyata bisa mengeceknya sendiri.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, mengatakan, perlunya keterlibatan peran serta masyarakat terutama pengguna jasa dalam pengecekan kelaikan jalan armada bus melalui aplikasi Mitra Darat.

Baca juga: Simak Syarat dan Cara Pendaftaran Uji KIR 2024

"Saat ini aplikasi bisa dengan mudah diunduh pada smartphone dan pengecekannya pun cukup mudah hanya dengan memasukan nomor polisi kendaraan," ujar Hendro, dalam keterangan resminya, Minggu (12/5/2024).

Cara daftar mudik gratis Kemenhub lewat HP./Muhammad Zaenuddin Cara daftar mudik gratis Kemenhub lewat HP.

Yofie Aganovic, Marketing Assistant Manager PO Rosalia Indah, mengatakan, itu bagian dari kemudahan layanan yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri. Sehingga, konsumen memiliki informasi resmi perihal status KIR suatu bus.

"Kami selaku operator tentu mengikuti apapun yang diarahkan oleh Kemenhub untuk keamanan bersama," ujar Yofie, saat dihubungi , belum lama ini.

Baca juga: Uji KIR yang Masih Berlaku Tidak Jaminan Bus Bebas Kecelakaan

Teddy Kurniawan Rusli, Direktur Utama PO Sinar Jaya, mengatakan, sudah termasuk hak dan kewajiban pemakai untuk meminta legalitas surat kendaraan.

spionam.dephub.go.idspionam.dephub.go.id spionam.dephub.go.id

"Sebenarnya, sebaiknya menyewa kendaraan dari perusahaan yang jelas dan sudah terbukti berpengalaman di bidangnya," kata Teddy.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur PO SAN, mengatakan, dirinya sangat mendukung imbauan dari Kemenhub. Menurutnya, masyarakat bisa mengakses langsung guna keamanan dan kenyamanan perjalanan.

"Saat ini, banyak yang kelimpungan karena masyarakat mempertanyakan surat-surat sah bus. BLU-e itu untuk KIR saja, sedangkan untuk izin operasinya bisa cek di Spionam (Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda atau aplikasi Mitra Darat," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat