vadakkuvaasal.com

Jamnas Motor Besar Indonesia Eksplorasi Kota Bandung

Jambore Nasional Motor Besar Indonesia ke-2 di Bandung, Jawa Barat
Lihat Foto

JAKARTA, - Lebih dari 1.000 pengendara roda dua yang tergabung dalam komunitas Motor Besar Indonesia (MBI) melakukan Jambore Nasional atau Jamnas sebagai upaya merekatkan visi dan misi pada seluruh anggotanya sebagai satu kesatuan.

Dalam rangkaiannya, komunitas yang tersebsar ke 15 chapter dengan lebih dari 2.000 anggota ini melakukan sejumlah aktivitas seperti turing hingga mengenalkan kembali budaya di Jawa Barat khususnya Bandung.

Apalagi, sebagaimana dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Jamnas II MBI Rudy Hartono, sudah cukup lama seluruh anggota tidak saling bertemu muka.

Kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan Rapat Kerja Nasional yang tujuannya menentukan program bermanfaat di masa depan.

Baca juga: Posisi Duduk dan Handling Suzuki V-Strom 250SX, Ramah buat Pemula

Jambore Nasional Motor Besar Indonesia ke-2 di Bandung, Jawa Baratdok.Istimewa Jambore Nasional Motor Besar Indonesia ke-2 di Bandung, Jawa Barat

“Sangat membanggakan bahwa seluruh Ketua Wilayah berkenan hadir. Dari 15 Wilayah, hanya satu Ketua Wilayah yang berhalangan dan terpaksa diwakili," kata dia dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023).

"Setiap wilayah tentu memiliki perbedaan latar belakang, karakter dan budaya serta situasi yang berbeda di tempatnya. Kami selalu mengusung persaudaraan tanpa batas seperti yang selalu digaungkan Ketua Umum Bro Río Castello," lanjut Wakil Ketua MBI ini.

"Ini bukan untuk menghilangkan perbedaan melainkan untuk saling menghormati perbedaan," kata Rudy lagi.

Adapun Jamnas 2023 berlangsung bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023. Sehingga berbagai nilai-nilai kenegaraan seperti toleransi hingga persaudaraan diusung.

Baca juga: Video Kampas Rem Mobil Pakai Kayu, Bisakah?

Jambore Nasional Motor Besar Indonesia ke-2dok.Istimewa Jambore Nasional Motor Besar Indonesia ke-2

Mengenai rangkaian acaranya sendiri, pertama para peserta diajak untuk melakukan rolling thunder atau parade motor di jalan-jalan utama Bandung, sambil menikmati ikon kota Bandung seperti Gedung Sate.

Ketertiban di jalan tentu perlu dijaga mengingat Bandung memiliki lalu lintas cukup padat. Ketika kembali ke El Hotel, para biker disambut dengan tarian Sunda yang memberi kesan mendalam bagi para peserta yang memiliki budaya berbeda.

Jamnas lantas dibuka langsung oleh Bambang Soesatyo sebagai pembina MBI sekaligus Ketua MPR RI. Ia didampingi Bazrisal Koto, Komjen Arif Wachyunadi, Ketua Umum Rio Castello serta Sekjen Bro H. Darus Jayalalana.

Selain dieratkan melalui hiburan dan games, Jamnas juga diperkaya dengan kegiatan bakti sosial. Setiap peserta diajak untuk berpartisipasi langsung dalam mengulurkan kasih kepada para anak yatim yang berasal dari Panti yang berbeda.

Baca juga: Modifikasi Sederhana Land Cruiser 200, Kabin Lebih Nyaman

Ketua Panitia Pelaksana Jamnas II MBI Bro Rudy Hartonodok.Istimewa Ketua Panitia Pelaksana Jamnas II MBI Bro Rudy Hartono

Di antaranya, Panti Asuhan Roudothul Amanah, Panti Sosial Putera Maranatha dan Yatim Piatu Mandiri. Setiap anak yang hadir membagikan bunga mawar sebagai tanda kasih dan juga symbol Bandung sebagai Kota Kembang.

“Kegiatan MBI terdiri dari 70 persen turing dan silaturahmi atau gathering, dan 30 persen untuk bakti sosial. Kali ini kami mengundang adik-adik dari Panti yang berbeda sejalan dengan tema bersatu untuk maju,” kata Rudy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat