vadakkuvaasal.com

Balik dari Kampung Halaman, Mobil Wajib Spooring dan Balancing

Proses analisis perbaikan kaki-kaki mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Saat kembali dari kampung halaman untuk merayakan Lebaran 2024, mobil wajib untuk dicek kondisinya di bengkel. Khususnya, melakukan spooring dan balancing bagian kaki-kaki.

Sebab, mobil yang digunakan untuk mudik tidak hanya sudah melalui perjalanan jauh. Tapi, terkadang juga melewati bermacam jenis medan.

Baca juga: Pengguna Kendaraan Umum untuk Arus Balik Mudik 2024 Meningkat

Ferry Jensen, pemilik bengkel Rotary Auto, mengatakan, penting sekali untuk memeriksa bagian kaki-kaki. Menurutnya, ada empat bagian yang perlu dicek pada kaki-kaki mobil.

Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancingDOK. Bridgestone Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancing

"Bagian yang pertama itu suspensi. Kedua, rem dan roda. Lalu, yang ketiga, karet-karet dan bushing. Keempat, roda kemudi, seperti tie rod, long tie rod, dan rack steer," ujar Ferry, kepada , belum lama ini.

Menurut Ferry, saat mobil melewati permukaan jalan yang rusak, tidak rata, dan melaju kencang, kemungkinan setelan tie rod dan long tie rod bisa berubah. Untuk itu, penting sekali melakukan spooring dan balancing kembali.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2024 Usai, Lalu Lintas Jakarta Kembali Padat

Balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.vishvastyres.com Balancing roda mobil dilakukan dengan menempel besi atau timah kecil pada titik yang perlu diseimbangkan.

"Akibatnya, arah ban menjadi tidak rata. Kalau tidak diatasi, ditakutkan akan terjadi keausan pada ban yang tidak merata. Setirnya juga bisa lari kanan dan lari ke kiri," kata Ferry.

Ferry menambahkan, untuk biaya spooring dan balancing, biasanya ada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 250.000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat