vadakkuvaasal.com

Ketahui Penyebab Indikator Bensin Motor Rusak

Ilustrasi indikator bensin
Lihat Foto

JAKARTA, - Salah satu masalah yang sering terjadi pada sepeda motor ialah indikator bensin yang tidak berfungsi. Akibatnya pengendara tidak tahu jika kondisi bensin penuh atau habis.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, indikator bensin bermasalah biasanya disebabkan tiga hal, yaitu kabel listrik bermasalah, pelampung bensin rusak, atau memang spidometer rusak.

Baca juga: Gara-gara Google Maps, Dua Mobil Terjebak di Jalan Berlumpur Semalaman

Speedometer Aprilia SR-GT, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia./KRISTIANTO PURNOMO Speedometer Aprilia SR-GT, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.

"Jika sumber masalahnya adalah kabel listrik atau pelampung, penanganannya cukup mudah. Bisa jadi karena kabel sudah tua, harus wring (dihubungkan) ulang ke aki saja. Pelampung rusak bisa diganti,” ujarnya kepada , beberapa waktu lalu.

Anto menjelaskan, pengecekan kabel listrik cukup rumit tapi bisa parsial. Sedangkan pelampung adalah komponen utama yang bertugas mengukur tingkat bahan bakar yang ada di tangki. Jika rusak maka indikator tidak bisa membaca level bensin di dalam tangki penuh atau habis.

Jika yang rusak spidometer maka cukup merepotkan terutama untuk spidometer digital. Jika sudah rusak, satu-satunya langkah penaanganan hanya mengganti baru, karena panel instrumen ini tidak bisa diperbaiki.

Baca juga: Cara Mudah Ketahui Ciri Toyota Fortuner yang Sudah VNT

Tangki motor Honda Win yang dibuat dari basis Honda Verza/DIO DANANJAYA Tangki motor Honda Win yang dibuat dari basis Honda Verza

“Harus beli baru, harganya macam-macam. Mulai dari kisaran Rp 400.000 kalau untuk yang resmi,” ucap Anto

Seperti diketahui, indikator bensin dibagi dua tipe tergantung jenis motor. Pertama yaitu untuk indikator bensin yang memakai spidometer analog atau jarum dan kedua jenis spidometer digital.

Spidometer analog biasanya dipakai di motor lawas sedangkan model digital umumnya dijumpai pada motor-motor lansiran terbaru.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat