vadakkuvaasal.com

Desain Mobil Perancis Bukan Selera Semua Orang?

Para pecinta mobil Peugeot 306 yang tergabung dalam Indonesia Peugeot 306 Community menggelar acara Halalbihalal di Senayan Park, Jakarta Pusat, pada Minggu (11/5/2023).
Lihat Foto


JAKARTA, - Keputusan Peugeot untuk pamit dari pasar Indonesia kembali mengusik mengenai desain mobil Perancis yang dianggap bukan selera mayoritas konsumen Indonesia.

Peugeot pertama kali hadir pada 1972 yang kala itu berada di bawah Multi France Motor. Meski sudah bergelut selama 50 tahun dan beberapa modelnya punya kiprah manis seperti 306, 406, hingga 206, Peugeot memutuskan mundur.

Baca juga: BYD Pastikan Kesiapan 10.000 unit Mobil Listrik untuk PLN

Ada persepsi di masyarakat, desain mobil asal Perancis sulit diterima tak seperti pabrikan Eropa lain. Pilihannya ialah suka atau tidak suka, atau dalam bahasa Inggris "like it or hate it." Jargon ini melekat dan jadi semacam hambatan.

Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.
Foto: Peugeot Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.

Hadi Taruna, dari komunitas Peugeot 306 Community mengakui bahwa image tersebut cukup kuat di mobil Perancis. Tapi jika bicara desain pada akhirnya balik ke selera masing-masing dan tidak ada salah-benar.

"Sebetulnya ini lebih ke arah stigma yang hadir turun-temurun atau image yang terbentuk atau dibangun, yang pada akhirnya tidak bisa menjadi baik," ujar Hadi kepada , Kamis (3/5/2024).

Baca juga: Bluebird Pasang Target Kurangi Emisi hingga 50 Persen di 2030

Hadi mengatakan, soal desain boleh saja punya persepsi sendiri tapi jika bicara teknis maka lain hal. Menurut Hadi rancang bangun Peugeot sangat baik dan hal itu sudah dibuktikan oleh penggunanya.

"Kalau bicara teknis Peugeot sendiri tidak ada masalah. Mobilnya sendiri baik-baik saja sama seperti mobil Eropa yang lain," ujar Hadi.

Peugeot 5008Astra Peugeot Peugeot 5008

"Cuma itu tadi, di Indonesia marketnya tidak banyak, seolah Peugeot itu hanya meramaikan saja karena marketnya kecil. jadi orang yang beli Peugeot beli karena suka, kalau tidak jangan beli," ujarnya.

Baca juga: Ada Nobar Indonesia vs Irak di Monas, Layanan Transjakarta Diperpanjang 

Secara global Peugeot dikenal sebagai salah satu produsen paling tua di industri otomotif, dan tetap bertahan. Peugeout memasuki industri sejak tahun 1810 lewat sebuah pengecoran baja.

Mobil pertama yang membawa nama Peugeot, diluncurkan pada tahun 1889. Menjadikannya sebagai produsen mobil tertua kedua di dunia dan merek mobil tertua yang masih terus berjalan.

Pada tahun 1929, Peugeot meluncurkan mobil produksi massal pertamanya, yakni Peugeot 201 dan menandai perjalanan perusahaan dari bisnis skala kecil ke produsen massal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat