vadakkuvaasal.com

Bagnaia Mengomentari Regulasi Baru MotoGP 2027

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Mulai musim 2027, MotoGP menerapkan sejumlah aturan baru. Salah satunya pengurangan kubikasi mesin motor dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

Fitur-fitur pendukung lain juga ikut disunat. Salah satu perangkat yang dibatasi pada era baru MotoGP tersebut ialah aerobody, serta perangkat holeshot dan ride-height.

Baca juga: Kaca Film Gelap Bukan Jaminan Bikin Kabin Mobil Adem

Pebalap pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia buka komentar terhadap aturan baru tersebut. Bagnaia mengatakan, banyak pebalap dan tim lain yang mengeluh karena kurang kompetitif.

Marc Marquez dan Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. MotoGP Marc Marquez dan Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

Seperti diketahui, tiga musim terakhir Ducati bisa dibilang superior. Fitur-fitur yang dibatasi seperti aerobody, serta perangkat holeshot dan ride-height salah satunya merupakan terobosan Ducati.

Namun, banyak yang mengeluh teknologi tersebut membuat MotoGP terlalu sulit untuk disalip dan balapan jadi monoton, sementara perangkat holeshot dan ride-height tidak disukai oleh semua pebalap.

“Saya hanya ingin memiliki mesin tercepat. Ini (motor) tidak pernah cukup cepat, meskipun mesinnya sudah sangat kencang," kata Bagnaia dilansir dari Crash, Kamis (9/5/2024).

Baca juga: Wuling Buka Promo buat Air ev, Almaz dan Alvez

Pebalap Ducati Italia Francesco Bagnaia dan pebalap Marc Marquez pada balapan Grand Prix MotoGP Spanyol di arena Jerez di Jerez de la Frontera pada Minggu 28 April 2024.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati Italia Francesco Bagnaia dan pebalap Marc Marquez pada balapan Grand Prix MotoGP Spanyol di arena Jerez di Jerez de la Frontera pada Minggu 28 April 2024.

“Saya hanya ingin motor kencang yang bisa saya gunakan untuk menang. Satu-satunya alasan saya menikmati MotoGP adalah karena saya punya motor yang bisa saya pakai untuk menang. Mampu menang adalah motivasi terbesar," katanya.

Bagnaia juga mempertanyakan kepada pebalap yang merasa kesulitan dengan berbagai fitur teknologi baru. Sebab menurutnya teknologi membuat motor makin kencang yang mana itu yang diinginkan semua pebalap.

“Saya tidak mengerti mengapa beberapa pebalap mengatakan ini sulit. Anda harus membiasakannya. Bagi saya, bermain-main dengan tombol saat balapan sudah menjadi hal biasa," katanya.

Baca juga: Motor China Banyak yang Jiplak Desain, Ini Kata Yamaha

Francesco Bagnaia saat sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024Ducati Corse Francesco Bagnaia saat sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024

“Itu bagian dari pekerjaan. Jika Anda ingin cepat, Anda harus melakukannya. Mungkin orang-orang ini mengeluh karena mesin (motor) mereka tidak berada pada level yang sama dengan kami," ujar Bagnaia.

Menurut Bagnaia aturan baru pada 2027 akan memberikan keuntungan bagi pihak-pihak yang selama ini kontra pada perkembangan teknologi.

“Jadi mereka ingin menghilangkan beberapa hal tersebut agar kami tidak lagi mendapatkan keuntungan itu. Saat ini semua orang kurang lebih berada pada level yang sama,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat