vadakkuvaasal.com

Video Viral, Maling Motor Bobol Kunci Setang Cuma 3 Detik

Video viral di media sosial memperlihatkan maling sepeda motor yang terekam kamera CCTV saat tengah beraksi. Maling tersebut berhasil mencuri motor meski motor tersebut dikunci setang ke arah kanan.
Lihat Foto


JAKARTA, - Video viral di media sosial memperlihatkan maling sepeda motor yang terekam kamera CCTV saat tengah beraksi. Maling tersebut berhasil mencuri Honda Vario meski motor dikunci setang ke arah kanan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Lambe Onlen, cara yang dilakukan maling tersebut sangat sederhana. Maling tersebut mematahkan "kunci setang" dengan cara ditahan dan didorong menggunakan kaki.

Baca juga: Panaskan Mesin Mobil Matik, Tuas Transmisi di N atau P?

Aksinya dilakukan sangat cepat. Awalnya saat motor belum di standar dua sang maling terlihat sedikit kesulitan, tapi setelah motor di standar dua, kunci setang ke kanan dapat dipatahkan dalam waktu sekitar tiga detik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lambe Onlen (@lambeonlen)

"Jadi fungsi kunci stang tuh buat apa dah? Gampang bener dipatahinnya ???????? asesoris pelengkap doang kayaknya ya..," tulis keterangan aku dilansir , Minggu (12/4/2024).

Sebelumnya, Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, trik mengunci setang motor ke arah kanan memang belum pernah terbukti ampuh menghalau maling.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Masih Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Transmisi Matik AT dan CVT | Generasi Baru Honda Freed Tampil Lebih Sederhana

Rendra mengatakan, pengaruh mengunci setang motor ke arah kanan lebih ke ruang gerak maling yang menjadi lebih sempit.

“Katanya kalau ke kanan lebih menyulitkan maling, sebenarnya belum terbukti,” ujar Rendra kepada , beberapa waktu lalu.

Pentingnya penggunaan kunci ganda terekam dalam video yang dilansir dari akun TikTok @izulkarnain11 (27/5/2023).Screenshot TikTok @izulkarnain11 Pentingnya penggunaan kunci ganda terekam dalam video yang dilansir dari akun TikTok @izulkarnain11 (27/5/2023).

Pada Agustus 2023, pernah berbincang dengan maling motor yang tertangkap. Saat itu OA (24 tahun) tersangka pelaku pencurian motor, mengatakan, trik mengunci setang ke kanan tidak berpengaruh menghambat motor dicuri.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Perancis 2024, Martin Pole Position

"Tidak ada pengaruhnya sama sekali. Cuma sedikit pengaruh ialah kunci T-nya itu cuma nyangkut sedikit doang. Tapi (mesin) hidup juga, sama saja semuanya," ujar OA di Polsek Tambora, Jakarta Barat.

OA mengatakan, cara ampuh menghalau maling yaitu, pertama motor yang memakai keyless atau teknologi kunci imobilizer, kedua motor yang pakai alarm, dan ketiga pakai kunci ganda dari diler.

Khusus untuk motor keyless dan kunci imobilizer, meski kunci setang bisa dipatahkan maling butuh waktu untuk menyalakan mesin.

Fitur kunci keyless pada Yamaha Lexi LX 155/DIO DANANJAYA Fitur kunci keyless pada Yamaha Lexi LX 155

Baca juga: Hasil Klasemen Usai Sprint Race MotoGP Perancis 2024, Jorge Martin Masih Memimpin

"Pengaruhnya itu kalau yang pasang otomatis, sama remote (keyless/alarm), sama kunci yang dari diler itu," ujar OA.

OA mengatakan, trik lain mengamankan motor memakai gembok tambahan juga tidak berpengaruh sebab gembok juga dapat dibobol. Kecuali menggunakan kunci tambahan dari diler yang sulit dijebol.

"Kalau kunci yang yang lain kita beli gembok putih atau kuning itu bisa dibuka. Kalau (kunci ganda) yang diler itu susah. Bisa juga dibuka tapi butuh waktu satu jam lebih. Kan tidak keburu ngambilnya," ujar OA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat