vadakkuvaasal.com

Jangan Asal, Ini Cara Pastikan Kap Mesin Sudah Tertutup Sempurna

Indikator kap mesin menyala artinya kap mesin belum tertutup rapat
Lihat Foto

KLATEN, - Kap mesin mobil yang tidak tertutup dengan sempurna, dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Pada kecepatan tertentu, kap mesin dapat terbuka dengan sendirinya karena ada angin masuk dari arah depan.

Malangnya, tidak semua mobil dilengkapi sensor kap mesin yang dapat memberikan informasi pengemudi terkait posisinya. Sehingga, pengendara sering lupa menutupnya dengan baik.

Lantas, bagaimana cara memastikan kap mesin sudah tertutup sempurna atau belum?

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Lubang pada Kap Mesin Fortuner VNT


Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, beberapa mobil sudah dilengkapi dengan sensor kap mesin, tapi tidak sedikit juga yang tidak dilengkapi sehingga perlu memastikan bahwa kap mesin sudah tertutup sempurna.

“Pengemudi bisa melihat permukaan kap mesin, adakah celah yang terlalu lebar antara bodi dan kap mesin, dengan begitu bisa dilakukan penutupan ulang biar sempurna atau terkunci,” ucap Ibrohim kepada , belum lama ini.

Pengemudi bisa memeriksa apakah kap mesin sudah terkunci atau belum dengan menarik tuas kap mesin.

Bila terdengar bunyi kap mengangkat, artinya posisi sebelumnya sudah terkunci atau menutup sempurna.

Baca juga: Video Viral, Suzuki Ertiga Menanjak dengan Dua Orang di Kap Mesin

Video viral mobil melaju dengan kap mesin terbukaTangkapan layar Video viral mobil melaju dengan kap mesin terbuka

Ibrohim mengatakan, meski kap mesin tampak tertutup rapat bisa saja statusnya belum terkunci, sehingga sama saja bisa menimbulkan bahaya.

“Misalkan kap mesin seret, atau mekanikal penguncinya bermasalah, ketika kap mesin ditutup baik di tekan atau dibanting, itu bisa saja pengaitnya tidak mengunci, sehingga bila diangkat dengan tangan kap mesin masih mau terbuka,” ucap Ibrohim.

Menurut Ibrohim, dengan memastikan kap mesin terkunci lewat tuas kap mesin yang ada di dalam kabin, maka status kap mesin terkunci atau belum bisa diketahui dan itu lebih aman.

Baca juga: Klarifikasi Dishub Jakarta soal Video Petugas Naik Kap Mesin Mobil

Video kap mesin mobil terbuka tiba-tiba saat berkendara di jalan tol Tiktok.com/@karesidenan.solo Video kap mesin mobil terbuka tiba-tiba saat berkendara di jalan tol

“Sensor kap mesin sebenarnya hanya berupa sakelar yang bekerja berdasarkan gaya tekan, bila tertekan artinya kap mesin sudah menutup tapi bila belum artinya kap mesin masih ada celah,” ucap Ibrohim.

Jadi, penting untuk memeriksa kap mesin sudah menutup sempurna atau belum dengan memastikannya sudah terkunci agar terhindar dari kejadian kap mesin membuka sampai menutup kaca depan saat melaju.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat