vadakkuvaasal.com

Impresi Perdana Jajal SUV China, BAIC BJ-40 Plus

BAIC BJ40 Plus
Lihat Foto

JAKARTA, - Merek asal China, BAIC resmi memasuki pasar Indonesia dengan merilis dua model SUV. Salah satunya ialah BAIC BJ-40 Plus yaitu mobil 4x4 berperawakan tangguh.

Usai soft launching BAIC BJ-40 Plus, redaksi berkesempatan menjajal mobil tersebut di jalanan Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Bus di Subang, Mengemudi Bukan Sekadar Piawai

Tes kali ini bisa disebut hanya merupakan impresi berkendara karena mobil berjalan di atas jalan aspal, bukan di habitat mobil ini dibuat yaitu off road di medan tanah atau gravel.

BAIC BJ-40 PLUSFoto: /Adityo Wisnu BAIC BJ-40 PLUS

Pertama kali masuk ke kabin terasa mobil yang lega. Setir dengan bagian bawah rata terasa mentap di genggaman tangan. Kemudian kursi atau jok juga mampu mendekap tubuh dengan nyaman.

Joknya tidak punya pengaturan untuk diatur lebih tinggi, hanya maju mundur dan sandaran ke belakang. Bukan tanpa sebab karena memang postur mobil sudah tinggi, sehingga pandangan sangat luas ke depan.

Mobil melaju dan terasa dimensinya besar. Saat tengah berada di jalan, dimensi mobil mengisi penuh jalur.

Baca juga: Apakah Sopir Bus Wajib Tahu Kondisi Mesin secara Teknis?

BAIC BJ40 Plus memiliki panjang 4.630 mm, lebar 1.843 mm, tinggi 1.861 mm, dan wheelbase 2.730 mm. Sedikit lebih kecil dari Wrangler Rubicon 4 pintu dengan panjang 4.785 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.869 mm.

BAIC BJ-40 PLUSFoto: /Adityo Wisnu BAIC BJ-40 PLUS

Mengenai rasa berkendara rasa cukup nyaman. Untuk diketahui tes jalan ini tidak lebih dari 50 kpj karena kondisi jalan yang cukup ramai kemudian juga tidak sempai menjajal trek tanah yang ada di sekitar Serpong.

Satu yang dapat dirasakan ialah mode berkendara. Untuk diketahui BAIC BJ40 Plus punya empat pilihan mode berkendara. Kemudian saat merasakan mode sport terasa tarikan mobil yang lebih mengentak.

Hal lain yang dapat dirasakan ialah suspensi yang lembut. Terasa sedikit bumpy di jalan bergelombang tapi nyaman, kemudian saat melewati speed trap suspensi bekerja dengan maksimal.

Baca juga: HSR Rilis 2 Pelek Baru, Bergaya Sport dan Retro

BAIC BJ-40 PLUSFoto: /Adityo Wisnu BAIC BJ-40 PLUS

Di atas kertas BAIC BJ40 Plus mengusung mesin bensin 2.000 cc, 4-silinder, 16 valve, DOHC dengan Turbocharger, dipadukan transmisi 8-percepatan lansiran ZF Friedrichshafen.

BAIC BJ-40 PLUS dengan penggerak empat-roda ini, menghasilkan tenaga maksimum 221 Tk dengan torsi maksimal 380 Nm.

Agar tangguh di medan off road, sistem penggerak sudah menggunakan Electronic Transfer Case dengan Center Differential Lock dari Borg-Wagner, yang sangat mumpuni
untuk menerabas medan berat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat