vadakkuvaasal.com

Nyetir Chery Tiggo 5X Jadi Mudah karena Fitur Ini

Chery Tiggo 5X
Lihat Foto

JAKARTA, - PT Chery Sales Indonesia (CSI) memboyong Sport Utility Vehicle (SUV) kompak Tiggo 5X ke pasar dalam negeri sebagai upaya memperkuat posisinya sebagai merek China yang terjangkau.

Menantang sederet produk sejenis seperti Honda WR-V hingga Wuling Alvez, perusahaan membekali produk ini dengan sederet hal menarik, terkhusus di sisi fitur.

Di atas kertas, varian tertinggi Tiggo 5X sudah dilengkapi teknologi Advance Driving Assistant System (ADAS), yang mencakup tujuh teknologi menunjang pengendaraan.

Baca juga: Impresi Berkendara Chery Tiggo 5X, Gesit Dipakai di Dalam Kota

Interior Chery Tiggo 5X/STANLY RAVEL Interior Chery Tiggo 5X

Lantas, seberapa signifikan deret fitur terkait bisa meningkatkan pengalaman berkendara?

Karenanya, redaksi melakukan pengujian Tiggo 5x ke ruas dalam kota selama tiga hari. Dalam kesempatan ini, tentu fitur ADAS juga dicoba guna membuktikan keandalannya.

Pada rangkaian fiturnya, pertama ada lane departure warning. Dengannya, mobil bisa dikendalikan dengan mudah karena ketika mobil diindikasikan telah melewati garis jalan akan langsung didistrubsi melalui notifikasi berupa suara.

Penggunaannya, tak berbeda dengan mobil kekinian yang sudah dibenamkan ADAS. Hanya saja yang menarik, Tiggo 5X rencananya dijual dengan harga di bawah Rp 300 jutaan.

Baca juga: Hasil Tes Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X, Seberapa Hemat?

Fitur lainnya yang cukup berguna ketika dipakai di jalur perkotaan ialah adaptive cruise control. Fitur ini beresonansi dengan fitur lainnya seperti rear cross traffic alert hingga blind spot detection.

Maksudnya, ketika mobil berjalan secara semi otonom (tanpa menginjak gas), kendaraan secara otomatis akan menjaga jarak dengan kendaraan di depan sekaligus memberi tahu ketika ada kendaraan lain yang hendak menyalip.

Untuk mengaktifkan adaptive cruise control, cukup tekan tombol SET- yang sudah disesuaikan dengan kecepatan awal. Bila ingin tambah kecepatan, bisa tekan tombol RES+.

Tak sampai di sana, Tiggo 5X juga sudah disematkan autonomous emergency braking yang memungkinkan sistem di mobil melakukan pengereman otomatis ketika diindikasi jarak dengan mobil lain sudah terlalu dekat.

Baca juga: Harga Kompetitif, Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur Akhir Mei 2024

Chery Tiggo 5X/Adityo Chery Tiggo 5X

Tetapi pada pengujiannya di jalur perkotaan, sering kali sensornya tidak dapat mendeteksi secara tepat. Saat ada sepeda motor yang menyalip tiba-tiba, pengemudi harus tetap siaga.

Pesaing WR-V dan Alvez ini juga dilengkapi pengereman ABS, EBD, BAS, dan brake override system, lalu ada terdapat TCS, ESP, hill start assist, dan hill descent control.

Kemudian masih ada tire pressure monitoring system (TPMS), enam airbag, ISOFIX, sampai vehicle body anti-thef.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat