vadakkuvaasal.com

Strategi Alva buat Harga Motor Listrik Makin Murah

Alva Cervo
Lihat Foto

JAKARTA, - Pabrikan sepeda motor listrik terus mencari cara agar bisa menghadirkan produk yang berkualitas dan punya harga terjangkau. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan produsen baterai.

Cara seperti itu pun juga dipikirkan oleh Alva. Cuma sepertinya masih belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Purbaja Pantja, Chief Executive Officer Alva mengatakan, keinginan pabrikan adalah memberi yang terbaik untuk pelanggan. Makanya terus dicari cara supaya bisa memproduksi motor dengan harga yang lebih baik.

Baca juga: Pemerintah Terus Genjot Penggunaan Bus Listrik

Alva One XPALVA Alva One XP

"Pemikiran tentang baterai itu ada dua. Satu, apakah itu bisa mengurangi biaya atau enggak. Kedua, apakah dengan kita memproduksi baterai sendiri bisa memberikan yang lebih beragam karena itu baterai kita bukan baterai orang lain," kata Purbaja di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Bisa dibilang dua hal tadi masih jadi pertimbangan Alva. Apalagi kalau bicara baterai, jika diproduksi sendiri maka akan meningkatkan TKDN secara signifikan.

"Kalau kita lihat dari konteks TKDN, kan naik terus 60 persen di tahun 2027. Nah itu jadi pertimbangan kami, dalam arti kita ingin terus memperdayakan produksi lokal," kata Purbaja.

Baca juga: Perawatan Paling Penting di Motor Listrik Alva, Cek Baterai

Maka bisa saja ke depannya Alva membuat baterai sendiri atau bekerja sama dengan produsen baterai biar TKDN naik. Saat ini, baterai Alva masih diimpor dari luar, bukan dibuat di dalam negeri.

"Baterai Alva sekarang masih impor. Bagian yang berhubungan dengan kelistrikan biasanya masih impor. Kalau yang sifatnya mekanis, itu kita lakukan di Indonesia," kata Purbaja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat