vadakkuvaasal.com

Sejarah Berdirinya Lamborghini

Lamborghini Essenza SCV12
Lihat Foto

JAKARTA, - Lamborghini merupakan produsen supercar yang ikonik. Lamborghini didirikan oleh oleh Ferruccio Lamborghini, seorang industrialis dan pengusaha asal Italia pada 1963.

Dibalik kesuksesan Lamborghini merek ini rupanya hadir karena perseteruan dengan Ferrari. Ferruccio Lamborghini "dihina" oleh Enzo Ferrari, yang membuatnya sakit hati dan akhirnya membuat mobil.

Baca juga: Motor Listrik Sport Fairing dari Yadea, Kemper RC

Ferruccio Lamborghini awalnya memulai kariernya sebagai produsen traktor bernama Lamborghini Trattori. Perusahaan ini memproduksi mesin pertanian dan bisa dibilang merek papan atas di bidang traktor.



Enzo Ferarri dan Ferruccio Lamborghini Foto: granturismoevents.com Enzo Ferarri dan Ferruccio Lamborghini

Sebagai seorang pengusaha kaya dan sukses, Lamborghini memiliki kecintaan pada mobil mewah dan memiliki beberapa model bergengsi, termasuk mobil-mobil buatan Ferrari.

Namun Lamborghini merasa tidak puas dengan mobil Ferrari miliknya. Menurutnya kopling Ferrari terlalu lemah. Dia kemudian berkendara ke Maranello, markas Ferrari untuk mengadukan hal tersebut kepada Enzo Ferrari.

Pertemuan yang cukup singkat ini yang kemudian mengubah peta persaingan supercar asal Italia.

Baca juga: Penumpang Angkutan Umum Tembus 1 Juta Orang pada Lebaran 2024

Lamborghini awalnya menjelaskan bahwa kopling mobil Ferrari miliknya buruk. Dia kemudian memberikan saran tentang apa yang bisa dilakukan Ferrari agar koplingnya bisa bekerja lebih baik.

Polisi Italia memesan Lamborghini Urus untuk dipakai dalam tugas kesatuan. Mobil SUV sport tersebut akan dipakai untuk transportasi medis mendesak berupa organ dan plasma.Foto: Carscoops.com Polisi Italia memesan Lamborghini Urus untuk dipakai dalam tugas kesatuan. Mobil SUV sport tersebut akan dipakai untuk transportasi medis mendesak berupa organ dan plasma.

Namun, Enzo Ferrari yang dikenal sebagai orang yang keras sangat sulit menerima kritik yang membangun. Alih-alih mendengarkan saran tersebut, dia menolak dengan kata-kata yang membuat Lamborghini sakit hati.

“Biarkan aku membuat mobil. Anda tetap membuat traktor,” kata Enzo Ferrari dilansir dari granturismoevents.com, Rabu (10/4/2024).

Lamborghini pulang ke rumah dengan sangat marah. Penghinaan itu menyakitkan karena dia juga seorang insinyur. Bahkan boleh dibilang traktornya merupakan traktor terbaik di Italia.

Baca juga: 6 Cara Mudah Cek Kemacetan via HP Selama Masa Mudik Lebaran

Aksi balas dendam dimulai. Lamborghini ingin memberi pelajaran pada Ferrari. Dia memutuskan untuk setop memproduksi traktor dan beralih membuat mobil. Skemanya sederhana, yaitu bikin mobil yang lebih kencang dan agresif daripada Ferrari.

Lamborghini 350 GTFoto: granturismoevents.com Lamborghini 350 GT

Hanya empat bulan usai pertemuan itu, pada tahun 1963, Lamborghini mendirikan perusahaan Automobili Lamborghini di Sant'Agata Bolognese, Italia, untuk mengembangkan visinya tentang mobil sport yang sempurna.

Baca juga: TMAP dan TDEM Berubah Nama Jadi Toyota Motor Asia

Dikutip dari Linkedin, mobil Lamborghini pertama ialah Lamborghini 350 GT yang meluncur pada tahun 1964 di Geneva Motor Show.

Mobil ini merupakan sebuah grand tourer yang ditenagai oleh mesin V12 dan memiliki interior yang mewah. Saat meluncur 350 GT menerima ulasan positif untuk performa dan desainnya, menjadikan Lamborghini sebagai pesaing serius di pasar mobil sport.

Namun bagaimana Lamborghini dapat membuat dan menyelesaikan mobil hanya dalam waktu singkat?

Pertamina dan LamborghiniPERTAMINA Pertamina dan Lamborghini

Ternyata dua tahun sebelumnya, lima orang pekerja Ferarri protes kepada Enzo Ferrari, di antaranya, Carlo Chiti yang merupakan kepala insinyur dan Giotto Bizzarrini manajer pengembangan Ferrari.

Mereka protes karena istri Enzo yaitu Laura Ferrari, dianggap membuat banyak keputusan di pabrik yang justru mengacaukan proses produksi. Enzo Ferrari kemudian marah dan kelima orang penting tersebut malah dipecat.

Baca juga: 6 Cara Mudah Cek Kemacetan via HP Selama Masa Mudik Lebaran

Saat itu juga kelima orang tersebut segera memulai bisnis baru di Bologna, yaitu sebuah agensi desain untuk mobil balap dan mobil sport yang disebut ATS.

Lamborghini mendekati kelima mantan orang penting di Ferrari tersebut. Lima pria itu kemudian membuatkannya mobil yang "ditenagai" balas dendam dengan bahan bakar pengetahuan dari Ferrari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat